Sejarah Piknik, Tamasya Sambil Makan di Luar Ruangan

Kompas.com - 28/10/2020, 15:52 WIB
Ilustrasi piknik bersama keluarga. Dok. Shutterstock/ Jack FrogIlustrasi piknik bersama keluarga.

KOMPAS.com - Piknik adalah kegiata rekreasi sekaligus relaksasi yang tergolong sudah lama dilakukan manusia. Makanan selalu hadir dalam kegiatan ini. 

Bagaimana piknik bisa menjadi pilihan manusia untuk rekreasi?

Dilansir dari History.com, para sejarawan setuju bahwa kata picnic dalam Bahasa Inggris, berasal dari bahasa Prancis yakni pique-nique. 

Kata tersebut sudah digunakan sejak pertengahan 1600-an, untuk menggambarkan pecinta makanan membawa anggur mereka sendiri saat makan di luar.

Baca juga: 5 Tips Piknik untuk Long Weekend, Bolehkan Berbagi Makanan?

Asal muasal piknik

Namun santap elegan di luar ruangan, diperkirakan baru berlaku pada abad pertengahan. 

Kala itu, kegiatan berburu menjadi rekreasi yang disukai banyak orang.

Pesta berburu abad pertengahan ini digambarkan dalam karya seni pada masa itu, seperti balada Robin Hood dan Permadani Bayeux yang terkenal.

Sebelum era Victoria, piknik hanya dilakukan oleh orang-orang kaya.

Baca juga: Cara Kemas Makanan untuk Piknik, Persiapan untuk Long Weekend

 

Hal ini terjadi karena para pekerja hampir tidak punya cukup sarana untuk mengumpulkan makanan yang layak di dalam ruangan, apalagi menyiapkan pesta untuk di luar ruangan.

Menu makanan saat piknik

Kamu juga bisa melihat panduan melakukan piknik secara terperinci di buku “Household Management” karya Mrs. Beeton yang terbit pertama kali pada 1861. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber History
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X