15 Makanan Khas Medan, Ada Mi Gomak dan Bika Ambon

Kompas.com - 24/10/2020, 19:19 WIB
Ilustrasi mi gomak khas Batak, Sumatera Utara. Dok. Shutterstock/Said SafriIlustrasi mi gomak khas Batak, Sumatera Utara.

KOMPAS.comMedan ibu kota Sumatera Utara menawarkan daya tarik sendiri bagi wisatawan, termasuk kulinernya.

Makanan khas Medan punya cita rasa khas yang banyak dicari oleh pencinta kuliner. Ada yang manis, gurih serta dari makanan ringan hingga makanan berat. Berikut ini kuliner Medan yang patut kamu coba.

Baca juga: 10 Kuliner Legendaris di Medan, Rasa Terbukti oleh Waktu

1. Lontong medan

Kuliner satu ini adalah menu sarapan dari Medan. Seporsinya terdiri dari lontong dengan sayuran kuah santan berwarna kuning kemerahan.

Ditambah pula pelengkap mi, sambal teri, kacang goreng, dan tauco. Rasa lontong medan menjadi agak asam khas dari penambahan tauco.

Baca juga: 8 Tempat Sarapan Terkenal di Medan, dari Soto sampai Bihun Bebek

2. Mi gomak

Mi gomak adalah hidangan mi goreng atau berkuah layaknya hidangan mi di daerah lain. Namun, jenis mi yang digunakan khusus tersedia di Medan.

Bentuknya besar dan disajikan bebas mau dengan sambal kacang atau kuah lontong. Mi gomak dijuluki juga sebagai spageti batak.

3. Soto medan

Soto medan. TRIBUN MEDAN/SILFA HUMAIRAH Soto medan.
Setiap daerah di Indonesia punya makanan bernama soto dengan ciri khas masing-masing. Begitu pula di Medan, ada soto khasnya yang dinamai soto medan.

Soto medan mempunyai ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan dengan rasa bumbu rempah, jintan terasa dominan. Pilihan isiannya ada udang, ayam, dan daging.

Baca juga: Apa Bedanya Soto Betawi dengan Soto Daerah Lain?

4. Teh susu telur

Teh susu telur adalah minuman hangat yang populer bagi warga Medan. Warga sekitar sering menyingkatnya menjadi TST.

Racikan minuman ini terdiri dari teh, susu kental manis, dan telur. Rasanya manis dan creamy, plus dapat menghangatkan tubuh.

Baca juga: 4 Kedai Kopi Legendaris di Medan, Kopi Apek sampai Kopi Sedap Siantar

5. Kari bihun

Di Medan, kari dikreasikan dengan bihun. Isian lengkap dari kari bihun terdiri dari kentang, bihun, dan daging sapi. Kuah karinya gurih, berempah, dan sedikit pedas.

Rasa bumbu meresap hingga ke bihun dan daging sapinya.

6. Bihun bebek

Bihun bebek dari Medan.Kompas.com/Silvita Agmasari Bihun bebek dari Medan.
Hidangan ini lebih mirip seperti hidangan sup dengan isian bihun dan irisan daging bebek. Rasa kuah kaldu dari bihun bebek kuat akan bumbu khasnya.

Tambahan daging bebek di atasnya juga cukup memuaskan selera. Bukan hanya karena empuk tetapi juga ukurannya cukup besar. Kuliner ini menjadi incaran untuk wisata kuliner Medan.

7. Mi balap

Mi balap salah satu masakan Medan yang sering disantap untuk sarapan. Campurannya terdiri dari kwetiau atau bihun yang dimasak dengan telur dan seafood.

Uniknya, mi balap disajikan di atas daun pisang. Cukup lengkap sebagai sarapan.

8. Nasi kentut

Kentut adalah sejenis tanaman yang daunnya digunakan untuk membungkus hidangan nasi ini. Aroma dari nasi kentut menjadi wangi.

Sebagai pelengkap, ada pilihan lauknya yaitu ikan pepes, ayam goreng, tahu, sambal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X