Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Makanan Khas Medan, Ada Mi Gomak dan Bika Ambon

KOMPAS.com – Medan ibu kota Sumatera Utara menawarkan daya tarik sendiri bagi wisatawan, termasuk kulinernya.

Makanan khas Medan punya cita rasa khas yang banyak dicari oleh pencinta kuliner. Ada yang manis, gurih serta dari makanan ringan hingga makanan berat. Berikut ini kuliner Medan yang patut kamu coba.

1. Lontong medan

Kuliner satu ini adalah menu sarapan dari Medan. Seporsinya terdiri dari lontong dengan sayuran kuah santan berwarna kuning kemerahan.

Ditambah pula pelengkap mi, sambal teri, kacang goreng, dan tauco. Rasa lontong medan menjadi agak asam khas dari penambahan tauco.

2. Mi gomak

Mi gomak adalah hidangan mi goreng atau berkuah layaknya hidangan mi di daerah lain. Namun, jenis mi yang digunakan khusus tersedia di Medan.

Bentuknya besar dan disajikan bebas mau dengan sambal kacang atau kuah lontong. Mi gomak dijuluki juga sebagai spageti batak.

Soto medan mempunyai ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan dengan rasa bumbu rempah, jintan terasa dominan. Pilihan isiannya ada udang, ayam, dan daging.

4. Teh susu telur

Teh susu telur adalah minuman hangat yang populer bagi warga Medan. Warga sekitar sering menyingkatnya menjadi TST.

Racikan minuman ini terdiri dari teh, susu kental manis, dan telur. Rasanya manis dan creamy, plus dapat menghangatkan tubuh.

5. Kari bihun

Di Medan, kari dikreasikan dengan bihun. Isian lengkap dari kari bihun terdiri dari kentang, bihun, dan daging sapi. Kuah karinya gurih, berempah, dan sedikit pedas.

Rasa bumbu meresap hingga ke bihun dan daging sapinya.

Tambahan daging bebek di atasnya juga cukup memuaskan selera. Bukan hanya karena empuk tetapi juga ukurannya cukup besar. Kuliner ini menjadi incaran untuk wisata kuliner Medan.

7. Mi balap

Mi balap salah satu masakan Medan yang sering disantap untuk sarapan. Campurannya terdiri dari kwetiau atau bihun yang dimasak dengan telur dan seafood.

Uniknya, mi balap disajikan di atas daun pisang. Cukup lengkap sebagai sarapan.

8. Nasi kentut

Kentut adalah sejenis tanaman yang daunnya digunakan untuk membungkus hidangan nasi ini. Aroma dari nasi kentut menjadi wangi.

Sebagai pelengkap, ada pilihan lauknya yaitu ikan pepes, ayam goreng, tahu, sambal.

Meski di namanya tersemat kata Ambon seperti nama satu kota di Indonesia tetapi kue ini berasal dari Medan.

Nama Ambon diambil dari lokasi pertama kue ini dijual yaitu di Jalan Ambon. Bentuknya adalah kue berbahan baku tapioka atau sagu yang memiliki rongga dan serat kue.

Warnanya kuning cerah mengundang daya tarik orang-orang. Soal rasa, bika ambon punya rasa manis dengan aroma khas dari daun jeruk dan serai.

10. Bolu meranti

Ada pula kue dari Medan yang juga jadi favorit banyak orang, namanya bolu meranti. Kue ini lebih seperti jenis kue bolu dengan tekstur lembut.

Bentuknya adalah bolu kuning yang digulung dengan olesan selai di dalamnya.

11. Laksa medan

Laksa medan termasuk makanan mi berkuah yang juga berasal dari Medan.

Lebih tepatnya laksa medan adalah makanan dari mi beras putih, timun daun mint ikan dan kuah asam. Menyantap laksa medan sembari menghabiskan liburan di sana akan makin terasa liburannya.

Kamu ingin menikmati hidangan simpel yang segar? Bisa coba rujak kolam. Kuliner ini bisa ditemui di daerah Kolam Deli, Medan.

Isian dari rujak bisa bervariasi dengan saus rujak. Tidak ketinggalan taburan kacang tanah goreng.

13. Martabak piring

Martabak piring dari Medan mempunyai bentuk seperti crepes, tipis dan renyah. Bahan bakunya terbuat dari tepung terigu yang dibuat jadi adonan cair lalu dipanggang di atas piring.

Isiannya sama seperti martabak biasa, bisa cokelat, keju, atau kacang.

14. Bubur medan

Bubur medan sama seperti hidangan bubur dari daerah lain terbuat dari beras yang dimasak hingga lembek.

Bubur medan juga menjadi makanan favorit di kota ini. Bubur medan tetap mempunyai keunikan sendiri yaitu isian dari bubur terdiri dari telur pitan, ikan, dan kepiting.

15. Belut goreng cabai hijau

Meski terkesan sederhana tetapi belut goreng cabe hijau menjadi lauk kesukaan banyak orang di Medan.

Belut dibumbui kemudian digoreng dan dimasak kembali dengan sambal cabai hijau. Hidangan ini biasanya dijual di tempat makan s. 

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/24/191900175/15-makanan-khas-medan-ada-mi-gomak-dan-bika-ambon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke