Kompas.com - 18/06/2020, 22:07 WIB
Ilustrasi soto betawi. Dok. ShutterstockIlustrasi soto betawi.


JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia punya banyak jenis soto yang berasal dari berbagai daerah. Setiap jenis memiliki ciri khas baik dari segi bahan-bahan, penampakan, maupun rasa.

Soto betawi salah satu soto daerah yang terkenal. Kedai soto betawi kini tak hanya bisa ditemukan di kawasan sekitar Jakarta, tetapi juga di kota lain di Indonesia.

Secara garis besar, soto Betawi punya tiga jenis soto sesuai dengan bahan yang digunakan, yakni soto bening, soto dengan santan, dan soto dengan susu.

Baca juga: Soto Betawi Haji Maruf, Kuliner Legendaris Jakarta Langganan Para Pejabat

Salah satu bahan yang paling membedakan soto betawi dengan soto-soto dari daerah lainnya adalah penggunaan bahan berupa susu tersebut.

“Paling khas dari Betawi adalah soto campur susu. Itu yang jadi asli Betawi. Selain itu belum pernah ketemu soto dengan kuah susu,” ujar Budayawan Betawi Yahya Andi Saputra ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Ilustrasi susu sapi murni. SHUTTERSTOCK/BEATS1 Ilustrasi susu sapi murni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain penggunaan susu, ada juga perbedaan dalam penggunaan minyak samin. Soto betawi banyak yang menggunakan tambahan minyak samin.

Minyak samin, kata Yahya, merupakan hasil akulturasi dengan budaya Timur Tengah.

“Jadi kira-kira untuk menambah rasa dan harum aromanya maka ditambahkan minyak samin,” kata Yahya.

Baca juga: Kenapa Roti Buaya Identik dengan Pernikahan Adat Betawi?

Sementara dari segi isian topping soto, Yahya mengatakan hampir tak ada perbedaan yang berarti antara soto betawi dengan soto dari daerah lain.

Soto betawi biasa menggunakan potongan daging dan jeroan ditambah potongan tomat segar, daun bawang, emping, kerupuk, dan bawang goreng yang dimakan bersama acar timun dan sambal rawit merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X