Apa Bedanya Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang?

Kompas.com - 24/10/2020, 10:24 WIB
Ilustrasi penjual nasi kapau di Bukittinggi. Dok. Shutterstock/ Reyhan Rezki PratamaIlustrasi penjual nasi kapau di Bukittinggi.


KOMPAS.com – Walaupun sama-sama dari Sumatera Barat, tetapi Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang punya beberapa perbedaan mendasar.

Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World menjelaskannya dalam sesi webinar “Perjalanan Rantau: Lapau Nagari Kapau” yang diselenggarakan Aksara Pangan, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Serba-serbi Rumah Makan Padang

1. Tata letak makanan

Perbedaan pertama terletak pada tata letak makanan. Di rumah makan padang, para pedagang menata lauk-lauk ditumpuk ke atas di etalase kaca.

Sementara di lapau nasi kapau, para pedagang menata makanan secara bertingkat di meja lebar yang diletakka di depan.

“Kalau di rumah makan padang, etalase yang di sebelah atas itu adalah lauk pauk kering. Kemudian yang berkuah adanya di sebelah bawah. Kalau kita pergi ke penjual nasi kapau, justru yang berkuah itu ada di depan,” papar Reno.

Di lapau nasi kapau para pedagang akan berposisi di belakang wadah makanan, di seberang pembeli.

Pedagang kemudian akan menggunakan sendok panjang untuk mengambil makanan berkuah yang ada di hadapan pembeli karena jauh dari jangkauannya.

Salah satu menu makanan di Nasi Kapau Langganan.Nasi Kapau Langganan Salah satu menu makanan di Nasi Kapau Langganan.

“Bisa sampai dua tray jarak si uni (pedagang) dan kuahnya. Biasanya rah itu bertingkat. Ada yang tingkatnya cuman satu, ada juga yang tingkatnya dua,” tutur Reno.

Salah satu tujuan peletakkan makanan yang lebih rendah di hadapan pedagang adalah agar pembeli bisa dengan mudah memilih lauk. Lauk akan terlihat sejajar dengan pembeli, sehingga pembeli lebih mudah melihat pilihan lauk.

Berbeda dengan rumah makan padang di mana kamu harus agak menengadah karena penataannnya bertumpuk ke atas.

2. Cara pemesanan makanan

Kedua adalah cara memesan makanan yang berbeda. Jika datang ke rumah makan padang, biasanya pembeli akan duduk dahulu. Setelah itu akan ada pelayan datang ke meja bersama tumpukan piring kecil di tangan.

Baca juga: Mengapa Ada Tradisi Hidang atau Prasmanan Mini di Restoran Padang?

Sementara di lapau nasi kapau, pelanggan datang lalu langsung memilih makanan dan memesan pada pedagang. Kemudian lauk diambil langsung dan ditata pada nasi. Seperti nasi ramesan.

“Paket starter pack-nya itu biasanya adalah nasi dan pasti ada kuahnya. Kemudian kita tinggal pilih apa yang kita mau,” terang Reno.

Ilustrasi gulai tambusu khas Minang, usus sapi isi tahu telur. Biasanya disajikan di warung nasi kapau. SHUTTERSTOCK/FIDIA HELIANTI Ilustrasi gulai tambusu khas Minang, usus sapi isi tahu telur. Biasanya disajikan di warung nasi kapau.

3. Jenis makanan

Terakhir adalah jenis-jenis makanannya. Ada beberapa lauk yang hanya bisa kamu temukan di lapau nasi kapau. Misalnya adalah gulai tambusu, rendang daka-daka, dendeng balado, ikan mas bertelur, dan gulai kapau.

Baca juga: Resep Gulai Tambusu Khas Minang, Usus Sapi Isi Tahu Telur



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X