5 Makanan Khas Lapau Nasi Kapau yang Tidak ada di Rumah Makan Padang

Kompas.com - 24/10/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi lapau nasi kapau Shutterstock/Reyhan Rezki PratamaIlustrasi lapau nasi kapau

KOMPAS.com – Selain berbeda dari tata letak makanan dan cara pemesanan, ada juga beberapa jenis lauk yang sangat khas Kapau. Kamu tidak akan bisa menemukan lauk tersebut di rumah makan padang.

Bahkan bisa dibilang, jika ada lapau nasi kapau yang sama sekali tidak menyajikan salah satu dari lima lauk berikut, maka kamu bisa mempertanyakan apakah benar lapau tersebut menyajikan makanan khas Kapau.

Baca juga: Apa Bedanya Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang?

1. Gulai tambusu

Ilustrasi gulai tambusu khas Minang, usus sapi isi tahu telur. Biasanya disajikan di warung nasi kapau. SHUTTERSTOCK/FIDIA HELIANTI Ilustrasi gulai tambusu khas Minang, usus sapi isi tahu telur. Biasanya disajikan di warung nasi kapau.

Pertama tentu saja adalah gulai tambusu. Tambusu adalah usus sapi yang diisi dengan campuran santan, telur, kadang tahu, dan bumbu untuk membuat usus terlihat padat.

Hasil akhirnya, usus sapi tersebut akan terlihat mirip sosis besar yang padat.

Baca juga: Resep Gulai Tambusu Khas Minang, Usus Sapi Isi Tahu Telur

Secara umum ada dua versi tambusu. Ada yang isiannya menggunakan telur, tahu, santan, dan bumbu. Ada juga yang hanya menggunakan campuran telur, santan, dan bumbu saja tanpa tahu.

“Kelemahan dari tambusu dengan tahu adalah dia lebih cepat asam. Sehingga orang banyak yang memilih untuk mengisi tambusu justru dengan hanya telur dan santan,” kata Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World.

Hal itu ia jelaskan dalam sesi webinar “Perjalanan Rantau: Lapau Nagari Kapau” yang diselenggarakan Aksara Pangan, Kamis (22/10/2020).

2. Rendang daka-daka

Selanjutnya adalah rendang daka-daka yang terbuat dari singkong yang dipotong kotak-kotak kecil. Kemudian digoreng dan dicampurkan dengan dedak rendang.

Menurut Reno, para pedagang lapau nasi kapau sudah membuat dedak atau bumbu rendangnya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mereka mencampurkan potongan singkong tersebut.

Biasanya rendang daka-daka selalu ditambahkan dalam paket dasar di lapau nasi kapau. Bersama nasi dan bumbu kuah.

3. Ikan mas bertelur

Selanjutnya adalah ikan mas bertelur. Sesuai namanya, ikan mas yang disajikan memiliki telur di dalam tubuhnya sehingga terlihat gemuk. Ikan mas ini kemudian dimasak gulai.

“Ketika aku ke sana dan melakukan survei, yang aku tanyakan adalah sekian banyak penjual nasi kapau bagaimana mereka bisa mendapatkan ikan mas yang bertelur. Karena itu kan ciri khas ya. Sementara lapau nasi kapau di los lambuang saja ada 10,” papar Reno.

Ternyata, sedikit trik yang dilakukan oleh para pedagang nasi kapau adalah membeli terpisah ikan mas dan telur ikannya.

Selanjutnya masing-masing ikan dan telur tersebut dibumbui. Setelah itu telur dimasukkan kembali ke dalam tubuh ikan. Sehingga penampilannya tetap ikan mas bertelur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X