Kompas.com - 22/10/2020, 18:10 WIB

KOMPAS.com - Kalis Donuts di Yogyakarta atau lebih dikenal sebagai Donat Kalis Jogja menjadi hits setelah sejumlah influencer dan artis menjajalnya.

Menurut founder Kalis Donuts Dimas Vandityo, produknya merupakan donat artisan premium pertama di Yogyakarta, Rabu (15/10/2020).

Donat Kalis tidak muncul begitu saja, terdapat cerita menarik di baliknya. Sumber inspirasi membuat donat artisan, misalnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Membuat Donat Goreng Crispy, Celupkan Campuran Tepung Beras

Melihat peluang dari tren kopi

“Sebenarnya kalau munculnya Kalis itu dari sebuah peluang, pada saat itu kita melihat industri kopi lagi tren,” jelas Dimas Vandityo kepada Kompas.com, Rabu (15/10/2020).

Saat itu terdapat banyak coffee shop yang baru buka di Yogyakarta, tetapi tidak menjual makanan pendamping minum kopi. Dimas berpikir untuk membuat makanan yang bisa mendampingi kopi tersebut.

Ia dan istri saat itu masih terus menggali ide, sebenarnya makanan apa yang cocok untuk teman minum kopi.

“Sesuatu itu (makanan) enggak mungkin berat lalu penyeimbang rasa pahit kopi itu. Kemudian dia itu juga bisa dimakan kapan saja,” jelas Dimas.

Selain untuk teman minum kopi, alasan Dimas memproduksi donat karena sajian ini tak lekang oleh waktu. Ia menilai bahwa dari dulu hingga kini donat tetap bisa diterima di lidah masyarakat. 

Regal Tiramisu donat di Kalis Donutsdok. Kalis Donuts Regal Tiramisu donat di Kalis Donuts

Dimas ingin membuat donat unik dan lain daripada merek yang sudah ada. Akhirnya ide membuat donat artisan itu muncul pada 2018 akhir dan mulai digarap.

Ia ingin donatnya nanti tak seperti yang sudah ada di pasaran. Ia ingin donatnya mempunyai topping unik dan cita rasa lokal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.