Kompas.com - 03/10/2020, 11:47 WIB
Ilustrasi kentang YelenaYemchukIlustrasi kentang

KOMPAS.comKentang adalah jenis sayuran dari umbi yang sering dikonsumsi masyarakat dari berbagai negara.

Tidak sekadar bermanfaat untuk mengisi kebutuhan makan, kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alat masak dan makan

Jika ingin mencoba tips ala The Kitchn berikut ini, kamu bisa khusus menyiapkan kentang atau memanfaatkan sisa kentang yang tidak terpakai untuk masakan.

Baca juga: Apa Itu Cast Iron? Besi yang Bikin Alat Masak Lebih Mahal

Berikut ini beberapa cara cerdas menggunakan kentang untuk membersihkan alat masak:

1. Bersihkan wajan besi cor yang sudah berkarat

Kentang mengandung asam oksalat, yang membantu memecah karat. Jadi kamu bisa menggunakan kentang untuk mengembalikan wajan besi cor yang berkarat.

Potong saja kentang menjadi dua, memanjang atau melintang. Celupkan ujung potongan ke dalam sabun cuci piring atau soda kue.  Gosokkan ke area yang berkarat.

Jika ujung kentang licin, potong dan celupkan ujung yang baru dipotong. Ulangi sampai karat hilang, lalu bilas dan keringkan.

Baca juga: Tips Zero Waste Cooking, Hemat Uang Belanja dan Baik Bagi Lingkungan

2. Bersihkan pisau berkarat

Kentang juga dapat dipakai untuk membersihkan karat dari benda lain seperti pisau, gunting, loyang, dan peralatan rumah tangga lainnya.

3. Hapus noda dari perak

Ilsutrasi kentang kupas.  Dok. Shutterstock/FotoDuets Ilsutrasi kentang kupas.

Cara menghapus noda dari perak dapat memanfaatkan air rebusan kentang.

Halaman:


Sumber The Kitchn
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X