Kompas.com - 03/10/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi limbah makanan. Dok. Shutterstock/ joerngebhardt68Ilustrasi limbah makanan.

KOMPAS.com — Sampah makanan kini juga menjadi salah satu permasalahan di dunia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 29 September menjadi Hari Kesadaran Internasional tentang Kehilangan Makanan dan Limbah Makan (International Day of Awareness of Food Loss and Waste). 

Limbah makanan juga mendorong terbentuknya kelompok yang sadar akan dampak sampah makanan. Salah satunya di Indonesia ada organisasi nirlaba, FoodCycle Indonesia

Baca juga: Apa Itu Zero Waste Cooking? Masak yang Berdampak untuk Lingkungan

Pendiri FoodCycle Indonesi, Astrid Paramita mengatakan lewat gerakan #ZeroFoodWaste #ZeroHunger FoodCycle ingin mengurangi sampah makanan dan membantu kelaparan di Indonesia.

"FoodCycle Indonesia ingin mendorong masyarakat agar lebih menghargai makanan dan tidak melakukan food wasting lagi," ujar Astrid yang dihubungi Kompas.com pada Rabu (30/09/2020).

Astrid bersama suaminya membangun usaha sosial dalam sampah makanan karena melihat banyaknya makanan terbuang dalam acara pernikahan.

FoodCycle Indonesia mendistribusikan makanan yang masih layak kepada orang-orang yang membutuhkan. Kini mereka masih berfokus di daerah Jabodetabek.

Baca juga: Tips Zero Waste Cooking, Hemat Uang Belanja dan Baik Bagi Lingkungan

"Kami mendapat pasokan makanan dari toko roti dan pabrik makanan. Karena mereka banyak surplus makanan jadi mereka jadi mitra pemasok kita," jelas Astrid.

FoodCycle Indonesia mengutamakan "Redistribute, Reprocess, Recycle" sebagai pilar gerakan sosial mereka.

"Redistribute kami mendistibusikan makanan yang layak untuk disumbangkan kepada yang dibutuhkan," jelas Astrid. 

Ilustrasi pisang kematanga. Dok. Shutterstock/Fenetre Ilustrasi pisang kematanga.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X