Manfaatkan Pisang Hampir Busuk, Coba Resep Puding Pisang

Kompas.com - 27/09/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi puding pisang. Puding ini terbuat dari pisang hampir busuk. SHUTTERSTOCK/YURIY GOLUBIlustrasi puding pisang. Puding ini terbuat dari pisang hampir busuk.

KOMPAS.com - Pisang mempunyai daya tahan yang singkat. Pisang tahan selama 3 hari di suhu ruang. Asalkan digantung, bukan dimasukkan wadah.

Sementara di dalam freezer, pisang kupas tahan sampai 4 hari. Setelah itu, kualitasnya menurun.

Baca juga: Tak Ada Kulkas, Ini Cara Simpan Pisang Supaya Awet

Setelah lewat 3-4 hari, pisang melewati masa matangnya. Pisang hampir busuk atau terlewat masa matangnya, masih bisa diolah menjadi makanan lezat. Salah satunya puding pisang.

Jangan buang pisang hampir busuk. Yuk jadikan puding pisang seperti resep dari BBC Good Food.

Baca juga: Ini Tingkat Kematangan Pisang, Bisa Dibuat Aneka Makanan

Resep puding pisang

Bahan

  • 100 gram mentega, suhu ruang
  • 2 pisang
  • 100 gram gula muscovado ringan (bisa ganti dengan brown sugar)
  • 100 gram tepung terigu self-raising
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • 2 telur
  • 2 sdm susu
  • Icing sugar, saus toffee, dan es krim untuk topping (opsional)

Cara membuat puding pisang

1. Letakkan mentega dalam loyang kapasitas 1 liter. Lelehkan menggunakan microwave dengan panas tinggi selama 30 detik-1 menit.

2. Masukkan 1,5 pisang. Tumbuk dan campur dengan mentega cair. Tambahkan gula, tepung, kayu manis, telur, dan susu. Campur rata.

3. Potong sisa pisang, letakkan di atas adonan. Masukkan kembali ke microwave. Masak dengan panas tinggi selama 8 menit. Pastikan adonan matang merata dan mengembang.

4. Keluarkan dari loyang. Taruh di piring saji. Taburi dengan icing sugar dan beri saus toffee. Tambahkan satu sendok es krim.

Tips

Sebelum membuat puding, taruh pisang plastic bag. Simpan dalam freezer. Rasa puding akan semakin harum jika menggunakan pisang hampir busuk yang lembut dan berwarna kecoklatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X