Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pisang Hampir Busuk Paling Nikmat Dibuat Es Krim, Ini Resepnya

Kompas.com - 16/06/2020, 17:07 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com  - Kamu punya pisang yang sudah cokelat dan hampir busuk? Jangan dibuang, coba diolah menjadi es krim pisang.

Baca juga: Tak Ada Kulkas, Ini Cara Simpan Pisang Supaya Awet

Es krim pisang merupakan kudapan manis yang memang disarankan menggunakan pisang yang memiliki tingkat kematangan maksimal alias hampir busuk.

“Saya sarankan memakai pisang sudah kecokelatan, yang tingkat kematangannya maksimal, jadi enggak susah memasaknya karena tastenya sudah dapat," papar Corporate Pastry Chef Group Warung Pasta, Locarasa, & NUSA Indonesia Gastronomi, Solihin kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Pisang yang sudah timbul bintik-bintik coklat atau sudah berwarna kecokelatan memiliki kadar gula sangat tinggi dan aroma manis alami yang kuat.

Namun jika ada bagian daging pisang yang busuk atau berwarna gelap lebih baik dibuang atau dipotong terlebih dahulu sebelum diolah.

Baca juga: Es Krim Rumahan Gagal Beku? Ikuti Tips Berikut...

Solihin menjelaskan jika membuat es krim pisang kuncinya ada pada resep dan takaran yang pas.

Jika tidak sempat membuat es krim pisang langsung, kamu masih bisa menyimpan pisangnya.

Caranya kupas pisang, masukkan ke plastik lalu divakum, dan disimpan di dalam freezer.

Dalam buku 'Resep Es Krim Favorit ala Cafe' (2013) oleh Ide Masak yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama, menjelaskan cara membuat es krim pisang.

Berikut resep es krim pisang.

Bahan es krim pisang:

  • 500 ml susu cair
  • 50 ml susu kental manis
  • 2 sendok makan (sdm) gula pasir
  • 2 sendok teh (sdt) jus lemon atau perasan jeruk nipis
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 2 buah pisang kupas, potong kecil-kecil
  • 100 gram cokelat chips

Cara membuat es krim pisang:

1. Kocok susu cair bersama susu kental manis, gula, jus lemon, dan ekstrak vanili dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi.

2. Kemudian pindahkan ke dalam mangkuk plastik. Tutup dan masukkan ke dalam lemari es hingga setengah beku sekitar dua hingga tiga jam.

Baca juga: Resep Es Krim Cokelat Tanpa Mixer, Cuma Pakai Tiga Bahan

3. Keluarkan dari freezer, kocok dengan mixer hingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer dan haluskan lagi. Ulangi proses ini 2 sampai 3 kali hingga es krim benar-benar lembut.

4. Lalu tambahkan cacahan pisang dan kocok kembali tahurkan choco chip, kemudian bekukan lagi. Kemudain es krim pisang siap disajikan.

Buku 'Resep Es Krim Favorit ala Cafe' (2013) oleh Ide Masak yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama yang menampilkan refrensi resep makanan, bisa kamu beli di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com