Apa Beda Putu Mayang dengan Petulo? Kue Tradisional Berbentuk Mi Gulung

Kompas.com - 21/09/2020, 21:09 WIB
Ilustrasi kue putu mayang Shutterstock/RizvisualIlustrasi kue putu mayang


KOMPAS.com – Terdapat sejumlah jajanan pasar yang mirip satu sama lain tetapi punya nama berbeda di setiap daerah. Termasuk kue putu mayang khas Betawi yang mirip dengan petulo asal Jawa Timur.

Namun sebenarnya apakah ada perbedaan khusus di antara putu mayang dengan petulo?

Menurut Chef Harna Riyanto dari Kembang Goela, kedua kue ini bisa dibilang hampir sama dari segala aspek. Perbedaan utama terletak pada bentuknya.

Baca juga: Sejarah Kue Putu Mayang, Berkaitan dengan Cerita Rakyat

“Kalau segi bahan putu mayang pakai tepung beras dan tapioka. Kue petulo juga sama bahan bakunya. Cara buatnya juga sama,” kata Chef Harna ketika dihubungi Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Ilustrasi kue petulo khas Jawa TimurShutterstock/sri.mbu Ilustrasi kue petulo khas Jawa Timur

Sementara bentuknya, kata dia, ada yang sama dan ada yang berbeda. Tergantung orang yang membuatnya.

Biasanya kue putu mayang dibuat menyerupai rambut yang digulung-gulung. Sementara petulo cenderung mirip dengan rol rambut, lebih keriting daripada putu mayang.

Baca juga: Resep Putu Mayang, Kue Tradisional khas Betawi

Kue putu mayang dan petulo mempunyai rasa serupa, karena keduanya terbuat dari tepung beras dan tapioka.

Perbedaannya terletak pada pelengkap yang disajikan bersama kue itu sendiri.

Kue petulo cenderung disajikan dengan kue surabi dan ketan. Sementara kue putu mayang tak diberi pelengkap apapun kecuali kuah kinca cair.

“( Petulo) bisa dengan surabi dan ketan. Tidak juga tidak apa-apa. Kalau putu mayang dengan kuah kinca saja agak banyak dan bisa ditaburi parutan kelapa juga,” pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X