Bedanya Susu Evaporasi dengan Susu Kental Manis

Kompas.com - 21/09/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi susu evaporasi dan susu kental manis. SHUTTERSTOCK/DMITRII IVANOVIlustrasi susu evaporasi dan susu kental manis.

KOMPAS.com - Dalam satu rak yang sama di swalayan, susu kental manis dan susu evaporasi sering disandingkan.

Pertanyaan pun muncul, apa perbedaan dari susu kental manis dan susu evaporasi? Mengingat ketika dikeluarkan dari kemasannya, kedua susu ini mempunyai bentuk yang serupa.

Sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan tentang susu kental manis dan susu evaporasi, dirangkum dari The Kitchn dan Real Simple.

Baca juga: 5 Bahan Nabati Pengganti Susu untuk Masak dan Bikin Kue, Salah Satunya Santan

1. Susu evaporasi

Susu evaporasi adalah susu tanpa pemanis yang diawetkan dalam kaleng.

Susu evaporasi ditemukan ketika lemari es adalah barang mewah. Sementara orangtua harus menemukan cara mengawetkan minuman sarat kalsium untuk anak mereka.

Pembuatan susu evaporasi dilakukan dengan merebus perlahan susu segar dengan api kecil. Susu segar direbus sampai 60 persen kandungan airnya menguap.

Susu evaporasi menjadi susu yang lebih kental dan lembut setelah air menguap. Kemudian susu dihomogenisasi, disterilkan, dan dikemas.

Susu evaporasi dapat digunakan dalam hidangan bertekstur seperti krim, tetapi tidak menambah rasa manis.

Sifat susu evaporasi yang tanpa pemanis membuatnya serbaguna untuk hidangan gurih seperti mac and cheese atau resep manis seperti pai ubi jalar.

Ilustrasi susu kental manis dalam kaleng. SHUTTERSTOCK/NZOZO Ilustrasi susu kental manis dalam kaleng.

2. Susu kental manis

Susu kental manis dimulai dengan proses yang sama seperti susu evaporasi. Susu segar direbus hingga setengah jumlahnya untuk menghasilkan produk krim kental.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X