Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Foie Gras, Hati Bebek Mahal yang Proses Membuatnya Kejam?

Kompas.com - 16/09/2020, 16:16 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Foie gras (dilafalkan "fwah-grah") yang dalam bahasa Prancis berarti hati gemuk, dianggap sebagai makanan mahal nan lezat.

Baca juga: Kenapa Kaviar Mahal? Telur Ikan nan Langka

Foie gras adalah hati bebek atau angsa yang telah diperbesar melalui teknik pemberian makan khusus.

Melansir Britannica, foie gras yang populer di Perancis ini dapat disajikan sebagai hidangan utama maupun penutup seperti pate dan mousse.

Rasa dari foie gras sangat berlemak dengan tekstur yang halus. Namun meski dianggap sebagai makanan lezat, foie gras banyak dilarang di dunia.

Mengapa? Mari kita kenali apa itu foie gras dan mengapa dilarang di dunia? Berikut ini alasannya.

foie grasPIXABAY/JACQUELINEMACOA foie gras

1. Pemberian makan paksa

Melansir The Spruce Eats, hati bebek atau angsa perlu diperbesar hingga hampir 10 kali ukurannya untuk menghasilkan foie gras.

Cara ini dilakukan dengan memberi pakan secara paksa ke hewan menggunakan selang makanan. Praktik seperti ini, yang dikenal sebagai gavage, berasal dari orang Mesir kuno pada 2500 SM.

Gavage kontroversial karena memberi makan secara paksa dipandang sebagai jenis kekejaman terhadap hewan yang lebih dari sekadar memelihara hewan untuk disembelih dan dimakan. Sejumlah negara melarang adanya foie gras.

Komunitas kuliner saling berbeda pendapat tentang hal ini, beberapa koki menolak untuk menyajikan foie gras.

Beberapa koki itu berpendapat bahwa melakukan penggemukan untuk foie gras dengan cara yang manusiawi sebenarnya dapat dilakukan dengan mengatur pola waktu penyembelihan hewannya.

Foie Gras Gateau with Red Port Wine Jelly and Szechuan Pepper BriocheKOMPAS.com/SINTIA ASTARINA Foie Gras Gateau with Red Port Wine Jelly and Szechuan Pepper Brioche

2. Cara masak foie gras

Ada beberapa metode tradisional untuk memasak foie gras, mulai dari memanggangnya dalam bentuk utuh hingga menghaluskan dan membuatnya menjadi mousse.

Terrine of foie adalah salah satu bentuk olahan aslinya. Potongan hati dilapisi dalam loyang roti bersama dengan sedikit Sauternes (wine) atau Armagnac (brandy) kemudian dicetak dan dipanggang, didinginkan, dan disajikan dalam bentuk irisan.

Foie gras juga sering dibuat menjadi mousse. Foie gras matang dihaluskan bersama dengan brandy dan mentega sehingga menjadi pasta yang halus dan lembut untuk dioleskan pada roti.

3. Rasa lembut dan halus

Meskipun foie gras bebek dan angsa sangat berlemak, tetapi rasanya lebih lembut dan halus. Lemak foie gras ini lebih cocok untuk dimasak dengan panas tinggi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com