Kompas.com - 30/08/2020, 19:07 WIB
Membersihkan jamur ada beberapa cara yang bisa dipakai PIXABAY/CouleurMembersihkan jamur ada beberapa cara yang bisa dipakai

KOMPAS.com - Membersihkan jamur kadang membingungkan. Apakah dicuci, direndam air, atau hanya hanya dibuang beberapa bagian yang tidak diperlukan? Namun, sebenarnya untuk membersihkan sayur fungi ini tidaklah sulit.

Jamur sebenarnya tidak menyerap air terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan 90 persen dari jamur terdiri dari air. Oleh karena itu membersihkan jamur dengan air tidak akan merusak jamur.

Baca juga: 4 Cara Simpan Jamur agar Awet, Tidak Mudah Busuk

 

Untuk jamur potong yang sudah dicuci, sebaiknya segera dimasak karena bisa cepat berlendir. Jamur utuh tidak masalah dicuci.

Sebelum dicuci, tak perlu kupas jamur karena dapat menghilangkan sebagian rasanya. Cukup potong bagian yang rusak dan batang yang keras atau kotor. Di bawah ini 3 cara membersihkan jamur yang bisa kamu coba.

Ilustrasi salad spinner untuk bersihkan jamur. SHUTTERSTOCK/PHILIPIMAGE Ilustrasi salad spinner untuk bersihkan jamur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Menggunakan salad spinner

Melansir COOK's Illustrated, cara membersihkan jamur adalah masukkan ke salad spinner dan siram air sampai kotoran hilang.

Tutup wadah dengan tutup yang sudah disediakan, putar salad spinner dengan tekan tombol plunger atau tarik sesuai tipe salad spinner.

Putar sampai jamur kering, lalu gunakan tisu makan untuk menghilangkan air yang tersisa.

2. Bersihkan dengan sikat gigi

Jika ingin menyajikan jamur mentah cukup menyikatnya dengan sikat gigi kering untuk menghilangkan bagian yang kotor.

Ilustrasi cara membersihkan jamur menggunakan sikat kering. SHUTTERSTOCK/MIRIAM DOERR MARTIN FROMMHERZ Ilustrasi cara membersihkan jamur menggunakan sikat kering.

3. Pakai saringan plastik atau baskom

Untuk cara ini anda memerlukan saringan atau baskom, seperti dikutip dari The Spruce Eats. Jika menggunakan saringan jamur, siram saringan dengan air mengalir sambil digoyang agar kotoran terbuang.

Kalau dengan baskom, masukkan jamur dalam baskom berisi air lalu segera diaduk agar kotoran keluar.

Setelah beberapa detik, taruh jamur di atas lap kering dan keringkan dengan ditepuk lembut menggunakan handuk lain.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X