Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jajanan di Yogyakarta yang Terkenal, Wisata Kuliner Murah Meriah

Kompas.com - Diperbarui 29/12/2022, 09:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Mengulik wisata kuliner di Yogyakarta seakan tak ada habisnya. Rasanya tak lengkap jika wisata ke Jogja tanpa mengulik street food atau jajanan kaki lima di Yogyakarta ini.

Baca juga: 8 Tempat Kuliner Murah di Malioboro Yogyakarta, dari Gudeg sampai Kopi Joss

Selain murah, rasa makanan dan minuman ini juga pastinya tak kalah dari restoran mahal. Berikut ini 10 tempat kuliner street food viral di Yogyakarta.

Lumpia sami jaya yang legendaris di jogjaDok. Instagram @gendut_kulineran Lumpia sami jaya yang legendaris di jogja

1. Lumpia Sami Jaya Malioboro

Lumpia legendaris ini sudah ada sejak 1976 lalu. Ada dua jenis lumpia di sini, yakni ayam dan spesial telur puyuh yang digoreng.

Isiannya yang padat dan masih hangat, cocok jika dimakan bersama dengan cabai rawit dan saus bawang putih yang spesial.

Lumpia Sami Jaya terletak di Jalan Malioboro, di samping Hotel Mutiara. Kedai ini buka mulai pukul 11.00-21.00 WIB atau sampai lumpia habis. Harganya berkisar mulai dari Rp 5.000 – Rp 6.000.

soto pak zaenal di jogjaDok. Instagram @javafoodie soto pak zaenal di jogja

2. Soto Pak Zaenal

Soto Pak Zaenal menawarkan berbagai macam varian soto yang cocok untuk menu sarapan. Sebut saja soto ayam, soto sapi, soto ceker, soto sayap, hingga soto balungan.

Terletak di Jl Dr Soepomo, Warung Boto Utara UAD, Soto Pak Zaenal buka setiap hari pukul 06.00 – 15.00 WIB. Harganya pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 10.000 saja.

jenang viral 9 rasa di jogja, jenang mbak ndutDok. Instagram @jogjakakilima jenang viral 9 rasa di jogja, jenang mbak ndut

3. Jenang Mbak Ndut

Buat kamu pecinta makanan manis, kedai Jenang Mbak Ndut bisa dicoba. Di sini ada beragam varian jenang. Harga jenang dengan isi 9 jenis rasa hanya Rp 5.000 saja.

Selain jenang 9 rasa, ada juga menu ketan bubuk dan jenang gempol. Kedai ini terletak di Timur Sindu Kusuma Edupark, Jalan Jambon. Buka setiap hari pukul 06.00-09.00 WIB lalu dilanjut pukul 15.00-18.00 WIB.

mi ayam pakde wonogiri di kulon progoDok. Instagram @javafoodie mi ayam pakde wonogiri di kulon progo

4. Mi Ayam Pakde Wonogiri

Di Kulon Progo, ada kedai Mi Ayam Pakde Wonogiri yang menawarkan mi ayam super unik. Ada mi ayam ekstra ayam yang saking banyak porsinya, bahkan sampai tumpah-tumpah dari mangkuknya. Mi-nya bahkan tertutup sepenuhnya oleh taburan kuah dan topping ayam.

Kedai Mi Ayam Pakde Wonogiri terletak di Karang Tengah Kidul, Margosari, Pengasih, Kulon Progo dan buka setiap hari pukul 10.00-19.00 WIB. Harga hidangan di kedai sederhana ini berkisar mulai Rp 8.000 saja.

Mi ayam bu tumini di yogyakartaDok. Instagram @gembulfoodie Mi ayam bu tumini di yogyakarta

5. Mi Ayam Bu Tumini

Ada yang berbeda dari penampakan mi ayam ini. Kuahnya kental, memenuhi seluruh permukaan mangkuk mi yang hampir tumpah saking banyaknya.

Ukuran mi-nya juga besar-besar yang kenyal, kuahnya yang kental dan berwarna coklat punya cita rasa manis yang khas. Topping potongan ayamnya pun besar-besar. selain topping daging, kamu juga bisa memesan tambahan topping ceker yang lembut dan gurih.

Mi Ayam Bu Tumini berlokasi di Jalan Imogiri Timur no.187 Giwangan, Yogyakarta. Kedai sederhana ini buka mulai pukul 10.00-17.00 WIB. Untuk bisa menikmati mi ayam di sini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 8.000 saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com