Panduan Lengkap Pertama Kali Makan Shabu-shabu di Restoran

Kompas.com - 12/08/2020, 17:07 WIB
Ilustrasi shabu-shabu. Dok. Shutterstock/TMONIlustrasi shabu-shabu.


KOMPAS.com – Shabu-shabu adalah salah satu makanan berkuah khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Kamu bisa dengan mudah menemukan banyak restoran shabu-shabu tersebar di banyak kota Indonesia.

Shabu-shabu juga salah satu jenis nabe ryori atau makanan yang dimasak dalm panci dan dimakan selagi hangat.

Biasanya shabu-shabu bisa terdiri dari beragam bahan makanan, mulai dari daging yang diiris tipis, aneka seafood, dan juga aneka sayuran segar.

Bahan-bahan tersebut akan disajikan dalam keadaan mentah pada para pelanggan. Kamu harus memasaknya sendiri langsung di meja makan.

Baca juga: Kangen Makanan ala Restoran Jepang? Daftar 11 Layanan Pesan Antar Shabu-shabu di Jakarta

Makan shabu-shabu ternyata tak sembarangan. Ada tata caranya tersendiri, seperti yang dipaparkan oleh Executive Chef Restoran Shabu Hachi, Djoko Santoso,  ditemui Kompas.com, Rabu (6/4/2017). 

Panduan ini tentu saja sangat berguna khususnya untuk kamu yang baru pertama kali makan shabu-shabu.

Pilihan isi shabu-shabu seperti jamur, baso, dan aneka isian yang bisa dinikmati di Restoran Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Shabu Hachi membuka cabang terbarunya di Jalan Padjajaran No 75, Baranangsiang, Bogor Timur, Jawa Barat.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pilihan isi shabu-shabu seperti jamur, baso, dan aneka isian yang bisa dinikmati di Restoran Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Shabu Hachi membuka cabang terbarunya di Jalan Padjajaran No 75, Baranangsiang, Bogor Timur, Jawa Barat.

1. Pilih jenis kuah shabu-shabu

Biasanya kuah shabu-shabu terbuat dari ganggang laut atau kaldu ayam murni. Beberapa restoran shabu-shabu di Indonesia seringkali menawarkan pilihan kuah beragam seperti tomyum khas Thailand, sup mongolia, kuah mala khas Sichuan, dan aneka kuah lain.

2. Minta tester kuah

Jika kamu belum familiar dengan rasa kuah yang akan dipilih, kamu juga bisa meminta kuah tester kepada pelayan. Dengan begitu, kamu bisa tahu bagaimana rasa kuah yang akan kamu pesan lebih dulu.

Baca juga: Ini Tempat Menikmati Shabu-shabu dan Sukiyaki Sepuasnya di Tokyo

3. Pilih daging

Restoran shabu-shabu seringkali menawarkan aneka jenis daging, seperti wagyu atau U.S. beef. Ada pula pilihan daging ayam atau seafood. Biasanya restoran akan memberikan harga yang berbeda untuk setiap jenis daging.

Pilihan daging yang ditawarkan untuk diolah ala Shabu-Shabu di Restoran  Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Pilihan daging itu adalah Wagyu MB9+, US Premium, Australian Beef dan Lamb Leg Impor.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pilihan daging yang ditawarkan untuk diolah ala Shabu-Shabu di Restoran Shabu Hachi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Pilihan daging itu adalah Wagyu MB9+, US Premium, Australian Beef dan Lamb Leg Impor.

4. Memanaskan kuah

Di restoran shabu-shabu kamu akan diharuskan untuk memasak sendiri pesananmu. Pelayan akan meletakkan panci di atas pemanas atau kompor listrik.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X