Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Rasa Cloud Bread? Roti Awan dari Telur dan Krim

Kompas.com - 06/08/2020, 20:35 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Cloud bread jadi sensasi terbaru di dunia kuliner lewat aplikasi TikTok. Dalam unggahan di aplikasi tersebut, menunjukkan tekstur roti yang ringan dan lembut dengan aneka warna pastel yang lucu.

Cara membuatnya yang mudah dan bahan yang sedikit pun jadi alasan kenapa cloud bread jadi begitu viral.

Baca juga: Resep Cloud Bread yang Lagi Viral di TikTok, Roti Awan 3 Bahan

Ternyata, cloud bread bukanlah hal baru. Cloud bread telah lama jadi alternatif roti bagi para pelaku diet rendah karbohidrat karena tidak mengandung karbohidrat.

Namun apakah rasa cloud bread benar-benar seperti roti? Dilansir dari Epicurious, ternyata tidak.

Rasa cloud bread bukannya tidak enak. Hanya saja, rasanya benar-benar ringan, mengembang, dan hambar dengan sedikit cita rasa telur.

Ketika tim Epicurious mencoba membuat cloud bread di dapur mereka, ternyata cukup sulit untuk mendapatkan cloud bread yang tidak punya tekstur sedikit basah di bagian tengahnya.

Ilustrasi cloud breadShutterstock/SewCream Ilustrasi cloud bread

Padahal mereka telah mencoba meningkatkan waktu pemasakan dan mencoba beberapa suhu oven berbeda.

Namun, untuk membuat cloud bread jadi sedikit punya “rasa”, kamu bisa menambahkan aneka bumbu dan rempah ke dalam adonan yang biasanya terbuat dari telur, cream cheese, dan cream of tartar tersebut.

Cloud bread untuk siapa?

Dilansir dari Mashed, karena rasanya yang hambar dan tekstur yang berbeda dari roti biasa, tak semua orang akan cocok memakan cloud bread.

Jika kamu seorang pecinta roti, maka cloud bread bukan untuk kamu.

Walaupun rasa dan tekstur cloud bread bisa jadi nikmat untuk sebagian orang, tetap saja tak bisa dibandingkan dengan roti Italia atau crostini yang dibuat dari roti baguette Perancis.

Namun untuk kamu yang tak bisa makan gluten, maka cloud bread bisa jadi pilihan. Sajian ini cukup sederhana untuk dibuat.

Hal berbeda bagi kamu yang mencari pengganti makanan ketika sedang menjalankan diet rendah lemak, maka cloud bread bisa jadi akan berdampak buruk bagi proses dietmu karena kandungan cream cheese di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com