Cara Bersihkan Daging Sapi yang Benar, Jangan Salah Langkah

Kompas.com - 29/07/2020, 22:02 WIB
Ilustrasi daging davidchukalexeyIlustrasi daging


KOMPAS.com – Sebelum mengolah daging sapi, kamu perlu membersihkannya dengan baik. Berbeda dengan daging ayam misalnya, daging sapi tak memerlukan proses pencucian dengan air.

Baca juga: 2 Cara Bersihkan Usus Sapi dan Kambing untuk Diolah Jadi Masakan

“Sebaiknya daging sapi tidak dicuci atau dibersihkan dengan air karena justru akan menjadikan daging itu mengkerut,” kata Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Prasetyo menyarankan untuk membersihkan daging dengan cara dilap dengan kertas tisu yang biasa kamu gunakan di dapur.

Lap kotoran dan sedikit darah yang biasanya tersisa di permukaan daging. Setelah itu, istirahatkan sebentar selama beberapa menit lalu segera dimasak.

Ilustrasi daging sapiShutterstock/Stoker20 Ilustrasi daging sapi

Hal serupa juga diungkapkan oleh Chef HARRIS Hotel Sentul City – Bogor, Yogie Putranto. Jika daging dicuci dengan air, nantinya malah bisa membuat kondisi daging tak lagi segar.

“Kalau dicuci dulu nanti terkontaminasi bakteri yang ada di air,” kata Yogie pada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Selain itu bakteri yang ada pada daging juga nantinya bisa menyebar ke mana-mana jika kamu mencucinya lebih dahulu.

Cara simpan daging mentah dalam freezer

Jika kamu tak mau langsung mengolah daging yang sudah dibersihkan dengan tisu dapur, kamu juga bisa menyimpannya lebih dahulu ke dalam freezer.

Simpan daging yang sudah dilap dengan tisu dapur dalam wadah kedap udara atau plastik kedap udara. Setelah itu langsung simpan di freezer. Daging yang dibungkus dengan baik bisa awet hingga enam bulan.

Ilustrasi mencuci daging. Sebaiknya daging jangan dicuci dengan air. Gunakan air mengalir hanya ketika akan thawing daging, dan langsung dimasak.Shutterstock/Halfpoint Ilustrasi mencuci daging. Sebaiknya daging jangan dicuci dengan air. Gunakan air mengalir hanya ketika akan thawing daging, dan langsung dimasak.

Jika kamu ingin menggunakan daging beku tersebut, kamu harus melakukan proses pencairan atau thawing terlebih dahulu. Proses thawing sebaiknya dilakukan di chiller dengan suhu 0-5 derajat celsius.

“Biarkan prosesnya secara natural. Itu yang bagus, hanya lama. Misalnya buat masak besok, hari ini kita keluarkan dan taruh di chiller,” papar Yogie.

“Ada cara lain dengan running water atau air keran. Air keran dibuka, air akan merendam daging. Biasanya seperti itu di rumah tangga biar cepat prosesnya,” lanjutnya.

Namun jika menggunakan proses yang melibatkan air, maka kamu harus mengolah daging secepat mungkin agar kondisi daging tetap segar. Daging tersebut harus dimasak dalam kurun waktu maksimal dua jam.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X