Cara Bikin Daging Empuk dengan Bubuk Kopi

Kompas.com - 28/07/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi daging kambing mentah sedang dipotong, siap untuk diolah. SHUTTERSTOCK/MIRONOV VLADIMIRIlustrasi daging kambing mentah sedang dipotong, siap untuk diolah.

KOMPAS.com  - Banyak cara untuk mengempukan daging, mulai dari direbus, dimarinasi dengan nanas, daun pepaya hingga jahe. Namun kopi juga bisa digunakan untuk mengempukan daging.

Executive Sous Chef Wisnu Adiyatma dari Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa, menjelaskan jika kopi bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengempukkan daging.

"Jadi kopi yang digunakan bisa kopi apa saja, karena kopi mengandung enzim protease nah enzim itu yang digunakan untuk memecah protein,” jelas Chef Wisnu kepada Kompas.com, Senin (27/7/2020).

Baca juga: 4 Tips Membuat Daging Kambing Empuk dengan Bahan Alami

Caranya cukup sederhana, bubuk kopi cukup dilarutkan dengan sedikit air lalu dibalurkan pada daging dan diamkan untuk beberapa saat.

Sebaiknya bubuk kopi yang digunakan untuk marinasi daging kambing dan sapi sedikit saja jangan terlalu banyak.

Kopi bisa dicampur dengan garam dan lada lalu daging bisa didiamkan beberapa saat agar kopi bisa bekerja dan melunakan daging.

Lama durasi daging yang dimarinasi dengan kopi juga tergantung dengan jenis potongan dari daging kambing dan daging sapi tersebut.

Bagian dari potongan daging sapi atau kambing yang banyak pergerakannya seperti paha cenderung lebih sulit untuk empuk.

Baca juga: Resep Rendang Rice Cooker, Tips Masak Hemat Gas

“Kalau pada daging sapi kita mengenal prime cut dan secondary cut, prime cut itu seperti daging sapi bagian has dalam," jelas Chef Wisnu. 

Potongan daging sapi prime cut ia sebutkan akan jauh lebih empuk daripada bagian potongan daging sapi secondary cut. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X