Mau Bikin Klepon? Simak Tips dan Cara Racik Pewarna Alami dari Daun Suji

Kompas.com - 22/07/2020, 19:08 WIB
Ilustrasi klepon, kue tradisional Indonesia. Dok. Shutterstock/Odua ImagesIlustrasi klepon, kue tradisional Indonesia.

KOMPAS.com - Kamu yang mau membuat klepon sendiri di rumah, perlu mempersiapkan beberapa bahan salah satunya adalah pewarna klepon.

Klepon adalah salah satu kudapan khas Indonesia yang memiliki warna hijau. Warna tersebut dapat dibuat dengan pewarna alami dengan daun suji dan daun pandan.

Dalam buku "Kue Ijo Lekker 50 Resep Kue Tradisional Plus Step By Step" (2016) oleh Idemasakku.com penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, menjelaskan cara membuat pewarna alami untuk jajanan tradisional di Indonesia yang berwarna hijau.

Baca juga: Sejarah Klepon, Kue Tradisional yang Tak Hanya Ada di Jawa

Daun suji adalah tanaman perdu yang daunnya dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami utuk makanan Indonesia.

Daun suji memiliki bentuk yang nyaris sama dengan daun pandan. Namun, aroma dan warna hijau yang dihasilkan lebih pekat jika dibandingkan dengan daun pandan.

Sedangkan daun pandan adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas.

Daun pandan merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Baca juga: Filosofi klepon, Kue Tradisional yang Sering Muncul Saat Hajatan

Tips membuat pewarna makanan dari daun suji dan daun pandan

Ada tips tersendiri untuk meracik pewarna makanan alami menggunakan daun pandan dan daun suji. Racikan pewarna alami ini bisa untuk kelpon, beriku tipsnya: 

1. Gunakan perbandingan daun suji lebih banyak daripada daun pandan. Sebab daun suji akan mengeluarkan warna hijau yang lebih pekat dan terang dibandingkan dengan daun pandan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X