Kompas.com - 17/07/2020, 10:11 WIB
Iilustrasi buah pinang. Dok. Shutterstock/inlovepaiIilustrasi buah pinang.

 

KOMPAS.com - Kuliner khas jambi, selain makanan ada juga minuman yang terkenal nikmat.

Minuman khas Jambi juga bisa dijadikan buah tangan atau oleh-oleh saat berkunjung ke Jambi. Berikut 3 minuman khas Jambi yang terkenal:

Baca juga: 5 Makanan Khas Jambi, Cocok untuk Wisata Kuliner

1. Jus pinang

Minuman segar andalan dari Jambi adalah jus pinang. Dari namanya, dapat ditebak bahwa buah yang diolah untuk minuman ini adalah buah pinang.

Masyarakat jambi percaya bahwa jus pinang baik untuk kesehatan.

Jus pinang memiliki manfaat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin serta melancarkan peredaran darah.

Baca juga: 5 Kue Khas Jambi yang Bikin Orang Rantau Kangen Pulau Kampung

Selain buah pinang, ada bahan-bahan lain yang dicampurkan ke dalam jus ini, yaitu jahe merah, cengkeh, gula merah, madu dan pandan.

Minuman ini akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan hangat.

2. Kopi AAA

Ilustrasi proses roasting biji kopi. SHUTTERSTOCK/ARTEM VARNITSIN Ilustrasi proses roasting biji kopi.

Jambi dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi berkualitas. Daerah penghasil kopi berkualitas di provinsi jambi yaitu kerinci, Merangin, dan Tanjung Jabung Barat.

Biji kopi yang diambil dari daerah-daerah tersebut kemudian diolah menjadi Kopi Bubuk Cap AAA. Kopi ini memiliki aroma dengan bau khas kopi yang baru ditumbuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X