Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Roti Bakar pada Malam Hari?

Kompas.com - 04/07/2020, 21:31 WIB
Ilustrasi roti bakar, salah satu makanan yang laku dipesan pada jastip jajanan Jakarta. SHUTTERSTOCK/PJJARUWANIlustrasi roti bakar, salah satu makanan yang laku dipesan pada jastip jajanan Jakarta.

KOMPAS.com - Makan roti bakar biasanya dilakukan pada malam hari, sebelum atau sesudah santap malam.

Selain bikin sendiri, kamu juga bisa beli roti bakar di kedai atau gerobak yang tersebar di penjuru Indonesia.

Baca juga: 3 Roti Bakar Legendaris di Bandung, Cocok Buat Camilan Sore

Bukan berarti tak bisa dimakan pada siang hari, tetapi roti bakar kerap disantap saat malam hari.

Konon berasal dari kebiasaan orang Belanda

 

Sejarawan kuliner Fadly Rahman menerangkan alasan orang Indonesia suka makan roti bakar pada malam hari, melansir dari Kompas.com.

Tren konsumsi orang Indonesia, tak menempatkan roti sebagai konsumsi khusus untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Apabila dilihat dari kebiasaan, makan roti pada malam hari adalah kebiasaan orang Belanda. Salah satu pilihan menu makan malam mereka adalah roti dan susu. Pasalnya, kandungan protein roti dianggap tak terlalu berat.

Namun masih belum diketahui pasti apakah makan roti bakar pada malam hari diambil dari kebiasaan orang Belanda atau bukan.

Pedagang Roti Bakar Bandung sedang menuangkan susu kental manis di roti. Shutterstock Pedagang Roti Bakar Bandung sedang menuangkan susu kental manis di roti.

Dimakan pada beragam kondisi

Menurut Fadly, tren gaya hidup sehat ikut menyumbang banyaknya konsumsi roti pada malam hari.

Namun, tren tersebut dari gaya hidup urban. Roti bakar dapat dimakan dalam berbagai kondisi, di antaranya sembari bersantai di kedainya, secara cepat, maupun dibungkus dan bawa pulang.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X