5 Makanan Khas Ngawi, dari Lethok sampai Cokelat Tempe

Kompas.com - 16/07/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi pecel Odua Images /shutterstockIlustrasi pecel

KOMPAS.com - Ngawi, kabupaten yang berbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah menyimpan ragam kuliner unik.

Baca juga: 5 Tempat Jajan Camilan Legendaris di Solo, dari Es Krim Sampai Wedang

Ngawi terkenal dengan makanan khas seperti keripik tempe, lethok, dan tahu tepo.

Kamu juga bisa membawa pulang sajian yang unik yaitu cokelat tempe khas Ngawi sebagai oleh-oleh. Penasaran? Berikut lima kuliner khas Ngawi yang bisa kamu cicipi :

1. Nasi Pecel

Nasi pecel di Ngawi disajikan dengan lauk, sayur, dan bumbu kacang. Nasi pecel ini sebenarnya juga ada di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah lainnya.

Namun nasi pecel khas Ngawi berbeda dengan pecel di kawasan lain. Sebab bumbu kacang dari nasi pecel Ngawi lebih kental dan tidak encer.

Rasanya jadi lebih gurih, lebih manis dan pedas.

Baca juga: Resep Sarapan Praktis dan Enak, Bikin Pecel Madiun dan Rempeyek Teri

Nasi pecel khas Ngawi ini sering disajikan di atas daun pisang yang dilipat berbentuk seperti kerucut atau disebut pincuk.

Lauk pendamping nasi pecel ini sangat beragam, mulai dari ayam, telur, jeroan sapi seperti paru, empal, babat, dan masih banyak lagi.

2. Tahu tepo

Kalau Surabaya punya tahu tek, Solo punya tahu kupat, maka Ngawi punya tahu tepo. Tahu tepo pada dasarnya juga memiliki kesamaan dengan dua sajian kreasi tahu tek dan tahu kupat.

Tahu tepo terdiri dari tahu yang dicampur dengan kocokan telur dan digoreng hingga garing kemudian diisi dengan lontong dan beragam sayuran seperti irisan kubis.

Baca juga: Resep Pepes Tahu Udang, Ide Menu Makan Siang

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X