Cara Tepat Simpan Roti, Jangan Taruh Dalam Kulkas

Kompas.com - 11/06/2020, 20:40 WIB
Ilustrasi roti tawar ala rumahan. Bikin roti tawar sendiri tanpa oven, cukup pakai panci. PIXABAY/CONGERDESIGNIlustrasi roti tawar ala rumahan. Bikin roti tawar sendiri tanpa oven, cukup pakai panci.

KOMPAS.com - Kulkas menjadi 'penyelamat' untuk mengawetkan bahan makanan, baik mentah maupun matang.

Namun, tidak semua makanan tepat disimpan dalam kulkas. Ada jenis makanan yang malah akan cepat busuk atau kualitasnya menurun bila ditaruh di kulkas.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Dapat Disimpan dalam Freezer? Berikut Daftarnya...

Misalnya saja roti yang kalau disimpan dalam kulkas malah akan bikin tekstur roti keras. Lalu bagaimana cara tepat simpan roti? Ikuti langkah berikut, dilansir dari Allrecipes.

Bungkus pakai kertas roti

Bungkus roti menggunakan kertas roti atau bungkus kertas (paper wrapping), pastikan semua bagian tertutup dengan baik.

Sebaiknya tidak membungkus roti pakai plastik, walaupun terlihat aman tetapi ada beberapa kerugian. Salah satunya, roti tak bisa 'bernapas' sehingga jadi lembap. Lama kelamaan akan muncul jamur.

Setelah dibungkus, taruh roti di meja dapur. Jauhkan roti dari peralatan dapur yang mengeluarkan panas, seperti oven dan mesin pencuci piring.

Ilustrasi roti buat sarapan. PIXABAY/DOMINIC ALBERTS Ilustrasi roti buat sarapan.

Taruh dalam kotak roti

Selain kertas roti, bisa juga menyimpan roti di dalam kotak khusus (bread box). Kotak roti punya sirkulasi udara yang cukup dan menjaga roti dari serangga.

Kalau pulang ke rumah nenek, tak jarang kita menemukan kotak roti seperti ini. Namun, sekarang cukup jarang yang menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Allrecipes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X