Jangan Sampai Jadi Sarang Bakteri, Ini Cara Bersihkan Kulkas

Kompas.com - 05/06/2020, 12:07 WIB
Ilustrasi cara membersihkan kulkas. goodhousekeeping.comIlustrasi cara membersihkan kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas yang kotor menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu penting untuk membersihkan kulkas secara rutin.

Nutrisionis, Toby Amidor, dikutip dari Food Network menyarankan untuk membersihkan kulkas minimal satu bulan sekali, bahkan kalau bisa seminggu sekali.

"Saya suka membersihkan kulkas secara rutin, tetapi seberapa sering itu sebenarnya bergantung pada banyaknya kamu memasak dan banyaknya bahan makanan yang kamu beli," kata Amidor.

Baca juga: 18 Cara Menyimpan Bahan Makanan dari Buah, Sayur, Daging, sampai Keju agar Tidak Busuk

Ia juga menyarankan proses membersihkan dan disinfeksi kulkas harus selesai kurang dari dua jam agar bahan makanan tidak berubah.

Berikut ini adalah cara membersihkan kulkas yang tepat saran dari Amidor:

1. Kosongkan isi kulkas

Banyak orang membersihkan kulkas tanpa mengosongkan isi kulkasnya. Sebenarnya ini terbilang percuma karena kulkas tidak bersih menyeluruh. 

Cabut kabel kulkas pada stop kontak agar berhenti beroperasi. Kemudian angkat semua bahan makanan dan rak kulkas sebelum membersihkan kulkas.

2. Bersihkan kulkas dengan sabun dan air panas

Amidor menjelaskan tahapan pertama membersihkan kulkas, menggunakan air panas yang sudah diberi sabun. Pakailah handuk untuk mengelap seluruh bagian kulkas.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Dapat Disimpan dalam Freezer? Berikut Daftarnya...

Jangan mengelap rak kulkas yang masih dingin dengan handuk yang direndam air panas, karena dapat membuatnya retak.

Tunggu sampai suhu rak turun ke suhu ruangan.

Disinfektan terbukti efektif membunuh virus corona. Jika tak ada, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.FREEPIK/Designed by Freepik Disinfektan terbukti efektif membunuh virus corona. Jika tak ada, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X