Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2020, 19:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut era normal baru atau new normal, pengelola beberapa mal di Jakarta juga sudah mempersiapkan protokol yang akan dijalankan baik untuk karyawan mal maupun pengunjung.

Baca juga: Prosedur New Normal Restoran di Indonesia, Bagaimana Jika Ingin Dine-In?

Selain protokol normal baru yang diterapkan untuk mal pada umumnya, ada juga aturan khusus untuk area food and beverages di dalam kawasan mal.

Corporate Communication Manager Grand Indonesia Dinia, mengatakan bahwa setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir, Grand Indonesia akan mulai menerapkan new normal lifestyle and behavior di dalam kawasan mal.

“Bahkan sebenarnya dari sekarang pun walau dalam kondisi tutup, kami kan masih ada beberapa tenan yang masih buka. Sudah kami implementasikan new normal lifestyle ini,” ujar Dinia pada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Beberapa protokol yang diterapkan untuk tenant food and beverage di Grand Indonesia adalah di antaranya, para tenan diwajibkan memakai masker dan sarung tangan serta face shield atau pelindung wajah.

ilustrasi face shieldshutterstock/pixfly ilustrasi face shield

Staff pengolahan dan penyajian makanan harus menggunakan masker, sarung tangan, dan penutup rambut sekali pakai ketika berada di area makanan dan pengolahan.

Tak itu saja, kapasitas restoran pun sudah dibatasi jadi tidak bisa penuh. Hal itu dilakukan untuk tetap menerapkan aturan physical distancing.

“Kapasitas akan dikurangi karena kursi diatur dengan jarak yang cukup. Namun berapa persennya kami masih harus menunggu peraturan yang dipersyaratkan nantinya seiring dengan new normal.

Jadi ada yang diberi jarak, ada juga yang diberikan stiker,” papar Dinia.

Pengunjung dan karyawan juga akan diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki kawasan Grand Indonesia, termasuk diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

Pengunjung yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius tidak diizinkan untuk memasuki kawasan mal.

Jam operasional mal pun akan berubah, tidak lagi beroperasi dari pukul 10.00-22.00 WIB melainkan menjadi pukul 11.00-20.00 WIB.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Lolita Safitri, Public Relations Assistant Manager Lotte Shopping Avenue.

Lolita mengatakan bahwa Lotte Shopping Avenue akan mengikuti panduan dari pemerintah terkait protokol normal baru yang akan diterapkan di kawasan mal.

“Kami memberlakukan tindakan preventif untuk mengurangi resiko penularan corona. Seperti aturan wajib memakai masker selama berada di mal, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki mal, menjaga jarak selama beraktivitas di area mal, serta menggunakan hand sanitizer,” papar Lolita pada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Karyawan Resto Bumi Aki Bogor melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seorang pengunjung yang datang, Selasa (2/6/2020). Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah memberi kelonggaran restoran maupun rumah makan untuk beroperasi kembali selama PSBB dengan catatan memperhatikan protokol kesehatan.- Karyawan Resto Bumi Aki Bogor melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seorang pengunjung yang datang, Selasa (2/6/2020). Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah memberi kelonggaran restoran maupun rumah makan untuk beroperasi kembali selama PSBB dengan catatan memperhatikan protokol kesehatan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com