Apa Itu Gochujang? Saus Pedas pada Kuliner Khas Korea

Kompas.com - 05/06/2020, 06:46 WIB
Ilustrasi gochujang, pasta khas Korea. PIXABAY/JINWOO LEEIlustrasi gochujang, pasta khas Korea.

KOMPAS.com - Pada kuliner Korea terdapat beberapa kondimen utama, salah satunya gochujang.

Bila kamu pencinta drama Korea, kerap muncul adegan makan kuliner berwarna merah seperti tteokbokki dan maeun dakbal alias ceker pedas. Penganan tersebut mengandung gochujang.

Baca juga: Sering Makan Tteokbokki? Ini Asal-usul Tteokbokki Saus Gochujang

Lantas, apa itu gochujang? Sejak kapan orang Korea menggunakan gochujang pada masakan mereka?

Saus pedas penting bagi orang Korea

Melansir Visit Korea, gochujang adalah pasta merah pedas, kondimen fermentasi tradisional khas Korea.

Gochujang terbuat dari beras atau barley (atau jenis gandum lain), bubuk kue beras, bubur yang dicampur dengan bubuk fermentasi kedelai, garam, dan bubuk cabai merah Korea.

Baca juga: Resep dan Tips Bikin Gochujang, Bumbu Utama Kuliner Korea

Ilustrasi cabai merah kering khas Korea yang dipakai untuk membuat gochujang. PIXABAY/ALLY J Ilustrasi cabai merah kering khas Korea yang dipakai untuk membuat gochujang.

Ciri khas gochujang terletak pada keseimbangan perpaduan rasa manis khas beras, nikmatnya pasta kedelai, dan pedasnya cabai merah Korea.

Rasa unik gochujang membuatnya cocok dicampur pada segala makanan maupun sayuran, mulai dari salad sampai daging maupun ikan panggang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X