Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengolah Pisang, Tidak Cuma Digoreng

KOMPAS.com – Pisang adalah salah satu buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia sebagai negara beriklim tropis, tempat buah ini tumbuh.

Pisang tidak hanya dikupas lalu dimakan, melainkan juga bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari camilan, dessert, bahkan minuman.

Salah satu olahan pisang yang paling sering dijumpai adalah pisang goreng. Namun, pisang ternyata tidak hanya bisa digoreng.

Pisang juga dapat diolah menjadi aneka ragam menu hidangan yang nikmat seperti diolah menjadi roti, kue, es krim, smootie atau pancake.

1. Roti pisang

Roti pisang merupakan olahan roti yang mudah untuk dibuat. Hanya memerlukan mentega, tepung serbaguna, soda kue, garam, gula pasir, pisang dan telur.

Kunci dari roti yang lembut seperti kue adalah pisang yang terlalu matang, semakin hitam dan kotor kulitnya semakin baik.

2. Muffin pisang

Kamu juga dapat mengolah pisang matang menjadi muffin pisang, hanya perlu menumbuk pisang, menyiapkan adonan dan cetakan.

Muffin pisang dapat menjadi pilihan camilan atau sarapan. Membuat muffin pisang simpel dan cepat, membuat satu mangkuk ini seluruhnya dibuat dengan bahan pokok dapur, dan siap disantap hanya dalam 30 menit.


3. Es krim pisang

Es krim pisang merupakan kudapan manis yang memang disarankan menggunakan pisang yang memiliki tingkat kematangan maksimal.

Membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu potong pisang matang lalu bekukan di atas nampan.

Setelah beku, masukkan ke dalam food processor bersama susu dan es krim pisang pun siap disantap.

4. Smootie pisang

Kamu bisa mengawali sarapan pagi dengan segelas smoothies pisang, Cara membuat smoothies pisang cukup mudah apabila kamu ingin mencobanya di rumah.

Hanya perlu 1 buah pisang beku, yogurt, madu atau gula dan berbagai bahan tambahan sesuai selera, seperti stroberi, blueberry, selai kacang, oat dan masih banyak lagi.


5. Pancake pisang

Pancake bisa menjadi pilihan menu sarapan simpel, membuat pancake pisang juga mudah hanya membutuhkan tiga bahan utama yaitu pisang, tepung dan telur, tetapi kamu juga bisa membuatnya tanpa tepung.

Selain itu kamu juga dapat menambahkan topping seperti blueberry, stroberi atau yang lainnya, juga kamu dapat menambahkan ekstrak vanili kedalam adonan agar menambah aroma pancake.

https://www.kompas.com/food/read/2024/03/15/113100775/5-cara-mengolah-pisang-tidak-cuma-digoreng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke