Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Ketupat Uduk Kare Ayam, Masakan Selain Kambing untuk Idul Adha

KOMPAS.com - Ketupat uduk kare ayam dapat menjadi variasi makanan selain olahan kambing atau sapi untuk dihidangkan saat Hari Raya Idul Adha.

Jika biasanya ketupat dimasak dengan rendaman air biasa, maka kali ini ketupat yang dihasilkan akan terasa gurih karena direndam menggunakan santan.

Kamu juga bisa memasak ketupat di dalam rice cooker supaya lebih praktis. Ikuti resep ketupat uduk kare ayam dari Foodplace berikut.

  • Resep Kare Ayam Sederhana, Bisa untuk Ide Jualan
  • Resep Kare Ayam Pedas, Masak Sekali untuk Sahur atau Buka Puasa

Cara membuat ketupat uduk kare ayam

1. Isi 3/4 bagian ketupat dengan beras lalu tutup dan masukkan ketupat ke dalam rice cooker. 

2. Tuang santan cair, garam, daun pandan, serai, dan daun salam ke dalam rice cooker berisi ketupat, lalu masak selama 90 menit. Angkat dan sisihkan ketupat.

3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, kemiri, garam, ketumbar bubuk, dan jintan, sisihkan bumbu kuning. Kemudian haluskan cabai merah keriting dan cabai merah besar untuk bumbu merah.

4. Masak sebentar kentang di dalam wajan menggunakan sedikit minyak, setelah itu sisihkan.

5. Tumis lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, bumbu kuning, dan bumbu merah hingga harum dan berubah warna menjadi kecoklatan. 

6. Masukkan bunga lawang, kentang, dan daging ayam, kemudian aduk hingga bumbu tercampur rata. Setelah itu, tuang santan dan kecap manis dan masak hingga ayam matang. Kare ayam dan ketupat siap disajikan. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/07/03/103400575/resep-ketupat-uduk-kare-ayam-masakan-selain-kambing-untuk-idul-adha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke