Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Kacang Polong, Biasanya Dimasak Jadi Isian Sup

KOMPAS.com - Kacang polong biasanya dijual dalam keadaan beku dengan kemasan plastik yang rapi. Per bungkusnya memiliki berat mulai dari 500 kg dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Selain kemasan bungkus, kamu juga bisa menemukan kacang polong dalam kemasan kaleng di supermarket.

Menyimak penjelasan seputar asal-usul sampai jenis kacang polong yang menarik untuk diketahui berikut ini, melansir dari laman The Spruce Eats.

Apa itu kacang polong

Kacang polong merupakan biji dari tanaman polong atau dengan nama latin Pisum Sativum. Walau sering diolah sebagai sayuran, polong merupakan buah yang mengandung biji.

Biji dari buah polong yang berbentuk bola-bola hijau ini yang biasanya diolah menjadi aneka masakan.

Kacang polong merupakan bahan masakan yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Para peneliti percaya bahwa kacang polong pertama kali tumbuh secara liar di cekungan Mediterania sekita 10.000 SM.

Di Inggris, kacang polong segar cukup populer selama abad ke-17. Ini karena teksturnya yang empuk. Selain itu, kacang polong juga dianggap sebagai bahan masakan untuk masyarakat dari golongan kelas atas.

Kepopuleran kacang polong tidak sampai di sana saja, menyebar hingga ke Amerika Serikat. Thomas Jefferson menanam sekitar 30 kultivar kacang polong.

Kini, kacang polong tidak hanya diolah saat masih segar. Namun juga, dalam keadaan sudah diolah dalam kaleng atau dibekukan dalam kemasan.

Olahan kacang polong dari berbagai negara di dunia seperti, kari India, sup khas Swedia, tumis khas China, dan pangsit khas Hungaria.

Jenis kacang polong

Pada dasarnya, semua kacang polong yang tersebar di seluruh dunia terlihat sama. Hanya saja, secara jenis kacang polong terbagi dua. Itu adalah kacang polong hijau dan kacang polong salju.

Kacang polong hijau bisa kamu temukan dan beli dalam keadaan beku di supermarket. Biasanya, jenis kacang polong ini diolah menjadi menu sayuran.

Sementara kacang polong salju biasanya muncul dalam masakan Asia. Kacang polong ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah dikunyah.

Kacang polong salju memiliki bentuk silinder tetapi beberapa orang mungkin tidak menyadarinya. Biasanya, jenis kacang polong ini dikunyah sebagai camilan sehat.

Kalau kamu membeli kacang polong beku, cukup simpan di dalam freezer. Setelah kemasan kacang polong dibuka, ikat atau tutup rapat kembali kemasan.

Kalau kamu memiliki kacang polong dalam kaleng, simpan di tempat yang sejuk. Kamu bisa menyimpan sisa kacang polong dalam kaleng di wadah tertutup rapat dan simpan di lemari es selama satu minggu.

Kalau kamu membeli kacang polong segar, simpan dan bekukan dalam freezer. Kacang polong beku tahan hingga satu tahun lamanya.

Namun sebelum dibekukan, rebus kacang polong selama dua menit kemudian keringkan.

Tempatkan di sebuah nampan dan bekukan selama beberapa jam. Masukkan kacang polong beku ke dalam kantong plastik atau wadah khusus penyimpanan makanan di freezer.

https://www.kompas.com/food/read/2021/09/22/180700575/mengenal-kacang-polong-biasanya-dimasak-jadi-isian-sup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke