Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Kelebihan Minyak Kedelai? Alternatif buat Masak Sehat di Rumah

KOMPAS.com - Minyak goreng yang terbuat dari kedelai mengandung Pufas (polyunsaturated fatty acid) atau asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Hal tersebut disampaikan oleh Nuri Rialen selaku Head of Marketing Sania Royale pada acara Media Session Sania Royale Soya Oil - "Nutrisi dan Proteksi untuk Kolestrol di Masa Pandemi Sania Royale", Selasa (6/10/2020).

Melihat kebiasaan baru masyarakat yang semakin sering memasak di rumah, Sania Royale pun menghadirkan produk minyak kedelai bertajuk Soya Oil.

"Sania Royale Soya Oil sudah mendapatkan sertifikasi halal oleh MUI dan GMO Free," ungkap Nuri Rialen.

Nuri melanjutkan, Sania Royale Soya Oil diproduksi dari 100 persen kacang kedelai alami dengan teknologi high smoke point.

High smoke point yaitu kemampuan mencapai titik berasap hingga suhu 230 derajat celsius. Pencapaian ini terjadi sebelum komponen minyak pecah hingga menjadi jenuh dan berubah menjadi komponen radikal bebas.

Nuri menyampaikan bahwa mayoritas orang Indonesia suka makan gorengan.

Minyak kedelai yang diproses dengan high smoke point cocok untuk metode memasak yang membutuhkan panas tinggi. Beberapa di antaranya adalah memanggang, membakar, dan menggoreng.

Menurut ahli gizi dan nutrisi Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi, memasak sendiri merupakan gaya hidup terbaik karena memudahkan kontrol atas asupan harian.

Hal tersebut juga disampaikan pada Media Session Sania Royale Soya Oil.

Menurut Seala, minyak yang digunakan untuk menggoreng bukan sumber kolestrol. Faktor yang perlu diperhatikan adalah bahan apa yang digoreng, sehat atau tidak.

Minyak goreng yang terbuat dari bahan nabati cenderung bebas kolesterol.

“Bahkan beberapa minyak adalah sumber lemak baik bagi tubuh, yaitu PUFA dan MUFA, yang di dunia medis dianggap jenis asam lemak terbaik dengan manfaat untuk pencegahan penyakit degenerative misalnya Jantung dan stroke," jelas Seala.

Seala juga mengatakan bahwa kunci pola makan baik adalah makan seimbang. Jenis makanan variatif, porsinya tepat tidak berlebihan. Sehingga semua kebutuhan nutrisi dalam 1 hari sangat mungkin terpenuhi dari makanan sehari-hari.

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/08/161600575/apa-kelebihan-minyak-kedelai-alternatif-buat-masak-sehat-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke