Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unesa: 4 Tips Sukseskan Pemilu 2024 bagi Generasi Muda

Kompas.com - 20/10/2023, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Pemilu 2024 bakal segera dihelat di Indonesia. Pesta demokrasi tersebut tentu sudah sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat.

Namun ternyata, generasi muda juga punya peranan besar dalam menyukseskan pemilu 2024. Bahkan keterlibatan generasi muda tersebut digadang-gadang sebagai gerbang strategis menuju Indonesia emas 2045.

Menurut Pakar Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr. M. Mubarok Muharam, M.IP., jumlah pemilih tetap pemilu 2024 ini ada sekitar 56,45 persen didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z.

Hal itu dikatakan dalam Ngobrol Santai, Podcast Pusat Studi Gender dan Anak Unesa Seri 2 pada, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: Pemilu 2024, Dosen Undiksha: Pemilih Pemula Masih Perlu Diarahkan

Dikatakan, generasi muda merupakan entitas penting yang dapat mempertahankan eksistensi dan pengaruh dari sebuah kebijakan yang dilakukan pemimpin.

"Pentingnya peran generasi muda dalam menyokong Pemilu 2024 membuat mereka harus cerdas dalam bertindak serta selektif dalam memilih pemimpin," ujarnya, dilansir dari laman Unesa.

"Pemuda jangan bersikap ikut arus dan oportunis. Pemuda dapat berpartisipasi pada pemilu dengan real, selektif memilih pemimpin yang kapabel, aspiratif dan akomodatif," imbuh dia.

Karena itu, ia memberikan tips atau trik yang bisa dilakukan generasi muda atau pemilih pemula guna menyukseskan pemilu 2024.

Tips sukseskan pemilu 2024

1. Persiapan diri dan cek DPT

Para pemuda cerdas bisa cek data diri pada daftar pemilih tetap atau DPT sesuai dengan daerah pemilihan.

Cek DPT berfungsi untuk memastikan nama pemilih yang akan menyumbangkan suara pada pemilu sesuai dengan keadaan yang ada.

"Jangan sampai, ada nama yang hilang atau malah masih tercantumnya nama pemilih yang sudah tidak ada, dalam catatan seperti pindah ataupun meninggal dunia," katanya.

Baca juga: Seminar FH UAD: Pemilu 2024 Harus Lahirkan Pemimpin Berkeadilan

2. Bisa mengecek riwayat hidup calon pemimpin

Jika nanti nama-nama calon pemimpin negeri baik presiden maupun DPR telah terpublikasikan, wajib anak-anak muda mencari informasi tentang calon pemimpin tersebut melalui media sosial dan internet.

Riwayat hidup dari calon pemimpin dapat dijadikan patokan dalam melihat cara memimpin, prestasi ataupun kebijakan yang telah dilakukan sebelumnya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com