Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Maba UM Surabaya Sampaikan Aspirasi Pemilu 2024 yang Damai

Kompas.com - 22/09/2023, 16:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ada cara menarik untuk menyampaikan aspirasi pemilu 2024. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).

Melalui kegiatan Run and Stand Up Comedy For Peace, maba UM Surabaya coba mengangkat isu pemilu 2024.

Dilansir dari laman UM Surabaya, kegiatan yang digelar Jumat (22/9/2023) itu sebagai bentuk project sosial agenda Mastama Ordik dan UKM Expo (MOX).

Adapun kegiatan diawali dengan jalan sehat pagi diikuti sebanyak 2.014 maba serta pembagian sembako berupa bahan-bahan pokok.

Baca juga: Japelidi-US Embassy Surabaya: Anak Muda Harus Berperan di Pemilu 2024

Seperti beras, mie dan minyak goreng kepada warga sekitar Mulyorejo yang tersebar di beberapa titik.

Menurut Redy Sutrisno selaku Ketua MOX 2023, mahasiswa baru UM Surabaya disebar ke 34 titik di kawasan Sutorejo Mulyorejo.

"Harapannya selain mengkampanyekan pemilu sehat, pemberian sembako ini juga menjadi simbol bahwa pemilu 2024 akan menjadi ajang politik yang sehat di tengah-tengah masyarakat," ujar Redy.

Ia juga menyebut bahwa mutakhir yang terjadi hari ini seperti isu politik menjadi isu yang vital.

Maka dari itu, mahasiswa harus kritis, terlebih mahasiswa akan menjadi pemilih pemula pada kontestasi di Pilpres 2024.

Dikatakan, aspirasi yang disampaikan lewat aksi komedi ini menjadi sesuatu hal yang menarik, selain terkesan lebih santai dan menghibur juga mudah diterima oleh pendengar.

Menyampaikan opini di ruang publik tidak hanya di media sosial, namun juga bisa di ruang-ruang terbuka seperti panggung aspirasi.

"Dengan begitu mahasiswa bebas mengeluarkan ekspresi baik yang sifatnya mengkritik atau memuji dan berbagai macam hal mulai dari fenomena sosial dan kebijakan-kebijakan pemerintah," terang dia.

Baca juga: 7 Tips Raih IPK Tinggi, Info Penting bagi Mahasiswa

Tentu, aksi komedi yang dilakukan mahasiswa tak hanya mampu menimbulkan galak tawa tetapi di dalamnya juga terselip pesan sosial dan pesan moral khususnya dalam mengawal pemilu 2024 yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com