Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Raih IPK Tinggi, Info Penting bagi Mahasiswa

Kompas.com - 22/09/2023, 13:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi pasti ingin punya Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK tinggi.

Tentu, bisa meraih IPK tinggi membutuhkan upaya yang lebih. Selain itu juga harus konsisten dalam mengatur waktu antara kuliah, belajar serta ikut kegiatan lain.

Bagi mahasiswa baru atau yang masih di semester-semester awal tentu butuh tips raih IPK tinggi. Terlebih yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah.

Dilansir dari laman Universitas Insan Cita Indonesia, Kamis (7/9/2023), berikut ini tips agar meraih IPK tinggi.

Baca juga: Jadi Mahasiswa Baru? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan

Tips raih IPK tinggi

1. Ada tugas jangan ditunda-tunda

Jika ingin meraih IPK tinggi atau nilai yang bagus, maka harus disiplin. Salah satunya tidak menunda-nunda tugas kuliah.

Mulailah segera mengerjakan tugas usai diberikan oleh dosen. Dengan demikian, kamu akan memiliki cukup waktu untuk merenung, mengembangkan ide, dan menyempurnakan tugas secara keseluruhan.

Hindari godaan untuk menunda, karena hal ini hanya akan meningkatkan tingkat stres dan mempengaruhi kualitas pekerjaan akademis.

2. Poin penting materi dari dosen dicatat

Jika dosen menyampaikan materi, maka catat poin pentingnya. Hal ini bisa memudahkan saat mempersiapkan ujian, dan memberikan referensi saat mengerjakan tugas.

Pastikan untuk memperhatikan apa yang disampaikan dosen dan mencatat hal-hal yang dianggap penting agar belajar lebih efektif.

3. Masing-masing mata kuliah diberi target

Hal penting lain ialah kamu harus memberi target nilai pada masing-masing mata kuliah. Jadi kamu akan lebih fokus dan bisa mengejarnya.

Tapi, tetap realistis dalam menetapkan target, sesuaikan dengan tingkat kesulitan mata kuliah dan usahakan untuk mencapainya.

Baca juga: 4 Tips Mendapatkan Nilai IELTS Tinggi, Penting bagi Mahasiswa

4. Sebelum kuliah, baca sebentar rangkuman materi

Kamu harus meluangkan waktu sebentara untuk membaca rangkuman materi sebelum masuk ke kelas. Ini akan membantumu mengingat kembali konsep-konsep yang sudah dipelajari sebelumnya dan mempersiapkan diri untuk memahami materi lanjutan.

Dengan memiliki pemahaman yang lebih baik sebelum masuk ke kelas, kamu akan lebih mudah mengikuti perkuliahan dan bertanya kepada dosen jika ada hal yang kurang jelas.

5. Setiap hari harus meluangkan waktu untuk belajar

Adapun tips raih IPK tinggi berikutnya ialah kamu harus bisa meluangkan waktu sebentar untuk belajar yang berhubungan dengan mata kuliah.

Kebiasaan ini akan membantu kamu mempertahankan kesegaran otak terkait materi kuliah dan meminimalisir rasa ketinggalan. Dengan melakukan konsistensi belajar, kamu akan merasa lebih siap saat menghadapi ujian atau tugas besar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com