Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Raih IPK 4 meski Kuliah Sambil Kerja

Kompas.com - 13/08/2023, 21:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Wisudawan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Achmad Reza Firmansyah berhasil menyelesaikan S2 Pendidikan Olahraga dengan IPK 4 atau sempurna.

Tentu, IPK sempurna menjadi kebanggaan tersendiri dari Reza dan keluarganya. Apalagi dia bisa kuliah sambil kerja.

Meski demikian, dia mendapatkan itu semua tidak mudah. Reza tetap berusaha keras dengan tekun serta penuh perjuangan.

Dia bisa membagi waktu antara mengajar sebagai guru olahraga di salah satu SMP di Sidoarjo dengan kesibukan kuliah dan berbagai tugas-tugasnya.

Baca juga: Cerita 2 Mahasiswa S2 dan S3 UGM, Lulus Dapat IPK 4

Demi kebutuhan belajar dan memperdalam disiplin ilmunya, dia harus merelakan waktu istirahatnya untuk belajar, membaca jurnal, dan mengerjakan tugas-tugas.

Terlebih kuliah S2 berbeda dengan kuliah S1. Ketika S2 kental dengan paper plus referensi babonnya. Urusan referensi pun tidak bisa sembarang, perlu ada kajian dan perbandingannya.

Bahkan ketika berurusan dengan jurnal, ia harus mengkaji dan mereview dari berbagai perspektif.

"Harus sabar, di luar jadwal mengajar, saya berjibaku dengan paper, jurnal-jurnal. Itu membuat saya mendapat insight banyak untuk memperkuat kompetensi dan keilmuan saya di bidang olahraga," ujarnya, dilansir dari laman Unesa, Jumat (11/8/2023).

Tentu, Reza punya kiat tersendiri agar meraih prestasi. Yakni dia punya rencana, target, komitmen, selalu memotivasi diri dan konsistensi.

Menurutnya, semua orang punya rencana dan tujuan. Namun, banyak yang terhenti di tengah jalan atau tidak maksimal karena tidak komitmen dan konsisten.

Bagi dia, seberat apapun tantangannya, kalau ingat pada target atau tujuan yang akan dicapai, maka muncullah semangat untuk kembali tekun belajar, sesuai dengan yang direncanakan.

"Setiap rencana tidak ada yang mulus-mulus. Ada naik-turunnya, belokannya, kerikil dan debunya. Kalau lelah, ya istirahat, tetapi jangan menyerah," ungkap dia.

Meski demikian, dia juga pernah merasa lelah dan suntuk. Namun berkat dorongan kedua orangtua dan keluarga besarnya, dia mampu mendobrak segala bentuk kemalasan demi sebuah pencapaian.

"Ayah itu selalu mengingatkan saya agar tanggung jawab segera menuntaskan tugas kuliah dan sebagainya," kata putra dari pasangan Priwidya Utami dan Agus Ali Subekti itu.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga Ini Raih Gelar Doktor Keolahragaan di UNY IPK 4

Selain itu, kesuksesan Reza juga berkat dosen-dosen yang ada di FIKK. "Saya selalu bertanya dan meminta arahan dari dosen saya, yang sudah saya anggap seperti bapak sendiri. Apa yang beliau ucapkan, saya lakukan," tandas Reza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com