Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus Doktor Fakultas Teknik UI IPK 4, Arie Lakukan Penelitian Ini

Kompas.com - 12/06/2023, 11:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lulusan doktor dari Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), Arie Pangesti Aji ini ternyata juga seorang mahasiwa program doktor double degree antara UI dan Shizuoka University, Jepang.

Tak hanya itu saja, Arie juga lulus sebagai Doktor ke-500 FTUI dengan IPK 4. Adapun hasil penelitiannya ialah menghasilkan rancangan baru balometer terkopel antena THz.

Tentu adanya kebutuhan peningkatan kinerja perangkat pendeteksi gelombang THz mendorong Arie untuk meneliti dan merancang desain baru bolometer terkopel antena THz.

Penelitian ini dituliskan dalam disertasinya yang berjudul “Peningkatan Kinerja Bolometer Terkopel Antena di Frekuensi Terahertz Melalui Kombinasi Antena dan Heater dengan Resistansi Tinggi”.

Baca juga: Sudah IPK 4, Maria Juga Lulus S3 Unair di Usia 24 Tahun

Arie melakukan penelitian di bawah bimbingan Prof. Eko Tjipto Rahardjo dari Departemen Teknik Elektro FTUI dan Prof. Hiroshi Inokawa dari Shizuoka University.

"Bolometer memiliki keunggulan pada segi harga yang ekonomis dan kemampuan untuk beroperasi pada suhu ruangan," ujar Arie dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/6/2023).

Penelitiannya itu menghasilkan rancangan desain baru bolometer terkopel antena THz yang terdiri dari antena berbahan emas dan komponen pemanas (heater) dan sensor suhu (thermistor) berbahan titanium dengan struktur menggantung di atas rongga udara pada substrat silikon dioksida.

Dari hasil simulasi, fabrikasi, dan analisis berbasis thermal yang dilakukan dapat disimpulkan.

Yakni bahwa kombinasi antara struktur bolometer dengan resistansi heater yang tinggi dan antena dipol terlipat dengan impedansi tinggi dapat meningkatkan kinerja bolometer terkopel antena secara elektrik maupun optik.

Baca juga: Di Wisuda IST Akprind Yogyakarta, Hawari Lulus 3,5 Tahun IPK 4

Sejak dibuka tahun 2000, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) saat ini memiliki tujuh program studi untuk program Doktor dengan total jumlah lulusan Doktor 500 orang.

Adapun jumlah lulusan setiap program studi sebagai berikut:

  • Program Studi Doktor Teknik Sipil sejumlah 67 orang
  • Program Studi Doktor Teknik Mesin sejumlah 99 orang
  • Program Studi Doktor Teknik Elektro sejumlah 154 orang
  • Program Studi Doktor Teknik Metalurgi dan Material sejumlah 60 orang
  • Program Studi Doktor Teknik Kimia sejumlah 65 orang
  • Program Studi Doktor Arsitektur sejumlah 20 orang
  • Program Studi Doktor Teknik Industri sejumlah 18 orang

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU berharap bahwa ke depannya melalui penelitian ini dapat dilakukan pengintegrasian bolometer terkopel antena THz dengan teknologi lain.

Seperti sistem pemrosesan sinyal, optika terahertz, atau platform komunikasi nirkabel.

"Integrasi yang lebih baik akan memungkinkan aplikasi yang lebih luas dan penggunaan yang lebih efektif dari bolometer terkopel antena THz dalam berbagai bidang," terang Prof. Heri.

Baca juga: Mahasiswa S3 UNS Ini Lulus Tercepat, Usia 25 Raih IPK 4

Berkat penelitiannya itu, Arie Pangesti Aji berhasil meraih gelar doktor dengan IPK 4 dan predikat Cumlaude pada sidang promosi doktornya yang dinyatakan lulus oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) pada Senin, 5 Juni 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com