Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa S3 UNS Ini Lulus Tercepat, Usia 25 Raih IPK 4

Kompas.com - 09/04/2023, 15:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UNS

KOMPAS.com - Pada acara wisuda, Sabtu (8/4/2023), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meluluskan sebanyak 1.022 orang.

Dari jumlah itu, ada satu mahasiswa S3 yang lulus tercepat dan termuda yang memperoleh IPK 4 yakni Dr. Mufti Reza Aulia Putra.

Tak hanya itu saja, ada banyak mahasiswa lain dari jenjang S2, S1, D4 dan D3 yang juga masuk sebagai lulusan tercepat dan termuda dengan IPK tinggi.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., memberikan ucapan selamat dan sukses kepada 1.022 wisudawan UNS.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Jenis Makanan Penurun Asam Lambung

"Sebuah ungkapan Jawa yang sangat dapat menginspirasi hidup kita, yang berbunyi Sopo sing tekun, senajan nganggo teken, mesthi tekan," ujarnya dikutip dari laman UNS.

Adapun arti dari ungkapan Jawa tersebut ialah siapa yang tekun walau dengan susah payah sampai memakai tongkat, atau walau harus menempuh jalan panjang, atau waktu yang panjang hingga tua, maka akhirnya pasti sampai atau tercapai tujuannya.

Dari ungkapan itu pula Prof. Jamal berpesan pada mahasiswanya agar tidak perlu malu dan khawatir jika waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studinya, lebih lama dari yang seharusnya.

Sebab, dengan begitu ada kesempatan untuk menggali lebih banyak pengalaman yang bermanfaat. Atau bisa menjadi salah satu hikmah yang dapat dipetik.

"Namun, saya percaya bahwa kalian merupakan bagian dari lulusan yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah, yaitu senantiasa mengamalkan ilmu yang dimiliki dan amal yang dilakukan berdasarkan pengetahuan (ilmu) dengan kandungan keilmiahan yang ada padanya," ungkap dia.

"Janganlah kalian berhenti belajar, karena sesungguhnya kehidupan tak pernah berhenti memberi pelajaran," imbuh Rektor UNS.

Baca juga: 6 Poin Permendikbud Nomor 24 Tahun 2023, Salah Satunya Pemilihan Rektor UNS Dibatalkan

Sementara dari laporan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., disampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 1.022 wisudawan.

"Diantara para lulusan tersebut terdapat 277 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian," terang Prof. Yunus.

Sedangkan sederet lulusan tercepat dan termuda ialah:

1. Program Doktor

Mufti Reza Aulia Putra, Program Studi S3 Ilmu Teknik Mesin, lama studi 2 tahun 6 bulan dengan IPK 4, usia sampai saat lulus 25 tahun 9 bulan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com