Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kontribusi Mahasiswa UNY hingga Dapat Penghargaan Prestisius

Kompas.com - 12/09/2023, 15:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Mochammad Zidane Nur Adha mendapatkan penghargaan yang prestisius.

Zidane terpilih sebagai "ASEAN Youth Eco Champion 2023". Adapun penghargaan diberikan dalam acara The ASEAN Environment Ministers atau Menteri-Menteri Lingkungan ASEAN di ibukota Laos, Vientiane.

Dilansir dari laman UNY, Selasa (12/9/2023), Zidane dapat penghargaan tersebut karena dia punya komitmen yang luar biasa terhadap masalah lingkungan dan keberlanjutan.

Adapun penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputy Secretary-General of ASEAN Social Culture, Mr. Ekkaphab Phantovang dan Menteri Lingkungan Hidup Laos, Dr. Bounkham Vorachit.

Baca juga: Wisudawan UNY Ini Raih 171 Penghargaan, Sebelum Lulus Sudah Bekerja

Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia juga turut hadir dalam acara tersebut sebagai rangkaian dari The ASEAN Ministerial Meeting on Environment untuk mengapresiasi pencapaian tersebut.

Mahasiswa semester 7 tersebut telah menciptakan dampak positif yang luar biasa di bidang lingkungan sejak awal studinya.

Ia telah aktif terlibat dalam sejumlah inisiatif lingkungan di kampusnya dan di komunitas sekitarnya.

Tak hanya itu saja, Zidane ternyata juga merupakan Presiden Green Generation Indonesia.

Yakni organisasi yang bergerak dalam mewujudkan generasi peduli dan berbudaya lingkungan yang telah tersebar di 34 provinsi dan 248 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Zidane Adha juga telah berkontribusi dalam kampanye penyadaran tentang pentingnya penggunaan transportasi berkelanjutan dan teknologi ramah lingkungan di sektor otomotif.

Tentunya, ia juga telah menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Penghargaan ASEAN Youth Eco Champion 2023 yang diterima oleh Zidane bukan hanya pengakuan atas dedikasinya yang luar biasa.

Tetapi juga sebagai dorongan bagi generasi muda ASEAN untuk lebih peduli dan berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan bumi ini.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Sistem Ini untuk Cegah Pencurian Ikan Kerapu

Maka dari itu, ia berharap agar prestasinya ini dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk turut berperan dalam menjaga keberlanjutan alam kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com