Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Jerawat, Mahasiswa UNY Inovasi Face Mist dari Belimbing Wuluh

Kompas.com - 04/08/2023, 12:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kulit berjerawat tentu membuat seseorang tidak percaya diri. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kulit wajah agar tetap sehat.

Untuk mencegah kulit wajah berjerawat, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat inovasi face mist dari tanaman herbal ekstrak buah belimbing wuluh.

Tak hanya mencegah jerawat, face mist yang juga dicampur dengan lidah buaya dan madu itu juga dapat melembabkan dan mencerahkan kulit wajah.

Dilansir dari laman UNY, Selasa (1/8/2023), para mahasiswa UNY itu terdiri dari Shofi Alifah Nur Aini (Prodi Pendidikan Ekonomi), Aprilia Nur Mia Saputri (Prodi Akuntansi), Ilham Alfrizal Akbar (Prodi Fisika), Faradita (Prodi Kimia) dan Defid Setiawan (Prodi Pendidikan Teknik Otomotif).

Baca juga: Polines Inovasi Aplikasi Digital bagi Warga Desa Kaligentong

Shofi Alifah menjelaskan, masalah jerawat tidak asing lagi bagi remaja maupun orang dewasa. "Jerawat muncul karena adanya bakteri Propionibacterium Acne di kulit wajah," ujarnya.

Dikatakan, bakteri tersebut akan masuk ke dalam pori-pori kulit yang tersumbat debu dan menyebabkan jerawat.

"Sebelum bakteri tersebut semakin banyak berkembang pada kulit wajah, sebaiknya dilakukan pencegahan dan pengobatan terhadap area wajah terutama area sekitar jerawat," jelasnya.

Adapun pencegahan dan pengobatan terhadap jerawat dapat dilakukan dengan penggunaan produk perawatan kulit tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Salah satunya belimbing wuluh yang mengandung banyak zat tanin, saponin, glikosida sulfur, asam format, peroksida, flavonoid, serta terpenoid.

Sementara Aprilia Nur Mia Saputri menambahkan, belimbing wuluh ini merupakan bahan utama dari face mist yang mereka buat.

"Kami pilih face mist karena mudah dibawa, sederhana namun banyak manfaatnya," tutur Mia.

Sedang dipilihnya belimbing wuluh karena selama ini hanya sebagai tambahan pelengkap masakan, padahal sangat berpotensi untuk diolah menjadi produk face mist.

Face mist dari ekstrak belimbing wuluh ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat terutama sebagai antioksidan alami yang praktis dan ekonomis dengan formula 3 in 1 yaitu mengobati jerawat, mencerahkan, dan melembabkan.

Selain itu pohon belimbing wuluh banyak terdapat dimana-mana sehingga mudah mendapatkannya.

Untuk membuat face mist ini, bahan yang diperlukan adalah ekstrak belimbing wuluh, ekstrak lidah buaya, madu, gliserin, phenoxyethanol, PVP 4 persen, fragrance dan aquades.

Baca juga: Polines Inovasi Sistem Monitoring dan EWS Tanah Longsor

Ternyata, karya ini berhasil meraih dana dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang PKMK 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com