Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisudawan UNY Ini Raih 171 Penghargaan, Sebelum Lulus Sudah Bekerja

Kompas.com - 04/09/2023, 19:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada wisuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ada salah satu wisudawan yang jadi mahasiswa berprestasi.

Dia adalah Khakam Ma’ruf, lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY ini ternyata punya banyak penghargaan.

Ada lebih dari 170 penghargaan yang dia raih selama kuliah di UNY. Tapi, perjuangannya itu juga tidak mudah. Sebab, dia harus menempuh jarak 70 kilometer dari rumah menuju kampusnya.

Dilansir dari laman UNY, Senin (4/9/2023), awalnya dia tak ingin kuliah usai lulus dari SMK, tetapi langsung bekerja.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Sistem Ini untuk Cegah Pencurian Ikan Kerapu

Namun beberapa perusahaan yang dia lamar tidak kunjung memanggilnya. Hingga akhirnya dia disuruh ibunya untuk melanjutkan kuliah.

"Kamu belum pantas bekerja masih seperti bocah, lanjut kuliah saja. Apa kamu tidak ingin kuliah seperti saudaramu yang lain," ujar ibunya, Sukiyah.

Akhirnya karena dorongan dari Sukiyah dan ayahnya Sumidi, Khakam memutuskan untuk mendaftar di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin melalui Seleksi Mandiri (SM) jalur Prestasi Unggul dan hanya satu jalur itu yang ia daftar.

Saat hari pengumuman tiba ia kaget karena diterima kuliah di UNY melalui jalur tersebut. "Mungkin karena ibu bilang saya pantasnya kuliah, jadinya saya bisa diterima kuliah dengan hanya sekali mendaftar," kata Khakam.

Aktif ikut organisasi penelitian

Usai diterima di UNY, dia mulai mengikuti organisasi penelitian dan aktif lomba serta bergabung dengan organisasi penelitian Fakultas Teknik UKMF Penelitian Matriks.

"Bergabung dengan organisasi yang berfokus pada penelitian ini membuat kemampuan pola pikir saya menjadi meningkat," tutur dia.

Perjuangan gagal dan jatuh bangun yang dialami sangat banyak, terkadang ia kalah lomba sebulan bisa dua hingga lima kali. Bahkan tak jarang ada cibiran dari orang lain, namun hal ini malah menjadi semangat juang Khakam dalam meraih kejuaraan.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNY Inovasi Kawat Buzzer untuk Kendalikan Emosi Anak

Berkat konsistensi yang dilalui sampai saat ini, ada kurang lebih 171 prestasi kejuaraan tingkat nasional dan internasional yang diraihnya.

Dengan jumlah prestasi tersebut mengantarkan Khakam menjadi Top 1 Mahasiswa berprestasi terbanyak di Web Presma UNY (prestasi mahasiswa).

Salah satu yang membuat dia bangga tentu karena dia memiliki 21 karya penelitian yang diterbitkan oleh 14 jurnal nasional dan 7 jurnal internasional terindex Scopus.

Penelitian yang dilakuannya sangat menarik karena multidisiplin keilmuan dengan beragam topik riset yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pertanian, perikanan, mesin, energi, aplikasi, teknologi dan bidang lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com