Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya FEB UGM Percepat Lulusannya Segera Dapat Pekerjaan

Kompas.com - 12/09/2023, 13:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Harapan mahasiswa jika lulus kuliah tentunya bisa segera mendapatkan pekerjaan. Tapi, ada pula yang sebelum lulus sudah dapat kerja.

Atau, mahasiswa S1 yang ingin mengejar karier biasanya langsung lanjut kuliah S2. Bahkan ada yang ikut program magister menuju doktor.

Hanya saja, data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 8,43 juta jiwa pada Agustus 2022.

Dari jumlah itu, ada sebanyak 7,99 persen atau sekitar 673,49 ribu adalah pengangguran yang berasal dari lulusan perguruan tinggi.

Baca juga: Warek I: Sudah Ada Praktik di UGM Tugas Akhir Film Dokumenter

Upaya FEB UGM percepat lulusan dapat pekerjaan

Untuk mempercepat lulusan perguruan tinggi, khususnya di jenjang S1, Koordinator Career and Student Development Unit (CSDU) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Arizona Mustika Rini, SE., MBus(Acc)., PhD., Ak., CA., memberikan penjelasan.

Menurut One, sapaan Arizona, ada beberapa program yang dilakukan oleh CSDU atau unit pengembangan karier dan kemahasiswaan di FEB UGM.

Salah satunya ialah ada program persiapan karier. Jadi, pihaknya sudah menyiapkan mahasiswa FEB UGM untuk siap bekerja.

"Kami ada program persiapan karier yang dilakukan jauh-jauh hari. Jadi tidak hanya mahasiswa mau lulus saja, tapi dari tahun ke-3 kuliah mereka ikut program persiapan karier," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Ia menjelaskan, mahasiswanya sudah menyiapkan diri, misalnya dengan mengikuti program magang.

Di CSDU, mahasiswa dibekali pelatihan tentang wawancara atau interview kerja hingga diajari membuat personal branding.

"Sekarang kan penting banget mem-branding diri terutama di media sosial. Maka kami beri pelatihan bagaimana membuat personal branding," kata One.

Baca juga: Tim UGM Inovasi Kotoran Organik Jadi Briket Arang

Selain itu, ada pula workshop yang sudah dimulai dari semester awal kuliah. Tujuannya tentu agar mahasiswa bisa menyiapkan target kariernya.

Apakah nanti akan lanjut kuliah S2 hingga S3 atau langsung terjun di dunia kerja. Pihaknya juga memberikan pelatihan mengenai penulisan motivation latter.

Tak hanya itu saja, di CSDU FEB UGM juga melakukan kerja sama dengan dunia industri atau institusi untuk datang ke FEB.

"Kami ada campus hiring atau rekrutmen yang eksklusif untuk membuka kesempatan dunia industri dalam merekrut karyawannya dari lulusan FEB UGM," terangnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com