Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“ICDE Quality Review 2023”, Rektor Tegaskan Kualitas Jadi Bagian Penting UT

Kompas.com - 24/07/2023, 16:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - The International Council for Open and Distance Education (ICDE) telah melakukan review kualitas terhadap Universitas Terbuka (UT) dalam “ICDE Quality Review 2023” yang ditutup secara resmi Rektor Prof. Ojat Darojat UT pada 21 Juli 2023.

Sebagai informasi, ICDE merupakan organisasi global bidang pendidikan jarak jauh, online, dan terbuka berbasis teknologi, dengan anggota lebih dari 200 institusi dan organisasi pendidikan tinggi jarak jauh di 84 negara.

Tim reviewer ICDE tahun ini terdiri dari Prof. Ebba Ossiannilsson (Chair of the ICDE OER Advocacy Committee and ICDE OER Ambassador for Global Advocacy, Sweden), Prof. Morten Flate Paulsen (The Norwegian of Science and Technology dan Former ICDE Secretary General), dan Prof. Kam Cheong Li (Dean of School of Open Learning at Hong Kong Metropolitan University).

Dalam testimoni, Ketua Tim Reviewer Prof. Ebba yang sudah mengikuti perkembangan UT sejak tahun 2016, terkesan dengan apa yang sudah dilakukan UT dalam rangka perbaikan berkelanjutan untuk mewujudkan layanan bekualitas bagi semua pemangku kepentingan.

Menurut Prof. Ebba, UT sudah melibatkan semua pemangku kepentingan, semua staf, dosen dan tutor, alumni, semua mahasiswa dalam semua proses yang berkaitan dengan kualitas.

"UT dapat dijadikan contoh dalam bagaimana melibatkan semua sivitas akademika UT dalam perwujudan kualitas karena kualitas di UT ada di dalam hati, pikiran, dan tindakan," ungkap Prof. Ebba.

"UT sudah menghadapi dan mengatasi tantangan khususnya berkenaan dengan mahasiswa di daerah terpencil  tetapi juga mendapat tantangan transformasi UT untuk masa depan, untuk masyarakat, dan untuk menjadi yang terbaik," lanjutnya.

Prof. Kam Cheong Li menambahkan, berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa dan alumni, mahasiswa dan alumni merasa puas dengan UT khususnya dengan program studi masing-masing.

 

Prof. Li juga melihat bahwa seluruh staf UT sudah melakukan kerja cerdas dan berusaha kuat untuk memenuhi kualitas yang diharapkan oleh mahasiswa.

Baca juga: Terkait Petisi Penilaian Angka Kredit, Dosen Berharap Sistemnya Satu Terintegrasi

Hal senada disampaikan Prof. Morten Flate Paulsen yang menyebut UT sudah melakukan hal besar dalam kegiatan operasional berkenaan dengan peningkatan kualitas.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada ICDE Reviewer atas rekomendasi pada berbagai bidang direview, seperti managemen strategis, rancangan kurikulum, mahasiswa, alumni, dan aspek lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com