Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kampus Akreditasi Unggul di Yogyakarta, Ada UGM, UII, dan UMY

Kompas.com - 19/07/2023, 10:28 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta punya banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bisa saja membuat bingung calon mahasiswa ketika memilih kampus.

Karena banyaknya kampus, calon mahasiswa bisa saja punya lebih dari 1 pilihan kampus saat musim penerimaan mahasiswa baru tiba.

Biar tak bingung, cobalah menggunakan data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk mengecek mana saja PTN dan PTS di Yogyakarta yang memiliki akreditasi unggul.

Akreditasi perguruan tinggi adalah penilaian yang dilakukan BAN-PT dalam menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Dalam menentukan akreditasi perguruan tinggi, BAN-PT memiliki instrumen berbasis outcome dan output yang kemudian dinamankan IAPS 4.0, atau Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi atau IAPT 3.0.

Baca juga: 20 PTN dan PTS yang Punya Akreditasi Unggul, Mana Saja?

Perguruan tinggi yang sudah melakukan akreditasi dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 status akreditasinya bukan lagi "A", "B", dan "C". Jadi, hanya ada Akreditasi Baik, Sangat Baik, Unggul, dan Tidak Terakreditasi.

Namun, tidak semua perguruan tinggi terbaik Indonesia sudah melakukan akreditasi dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0, sehingga masih banyak kampus maupun program studi yang masih memiliki terakreditasi A, karena akreditasi yang dilakukan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 standar.

Jadi, PTN dan PTS di Yogyakarta yang meraih akreditasi unggul sudah pasti memiliki sistem pendidikan yang baik.

Bagi yang mencari PTN dan PTS di Yogyakarta dengan akreditasi Unggul, berikut daftar kampusnya seperti melansir laman BAN-PT.

Daftar kampus Akreditasi Unggul di Yogyakarta

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa tidak kenal UGM? Kampus dengan status PTN berbadan hukum atau PTN BH ini ditetapkan sebagai PTN akreditasi unggul lewat SK bernomor SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, yang masa kadaluwarsanya berakhir pada 18 Desember 2027.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY yang berlokasi di ini juga ditetapkan sebagai kampus unggul lewat SK 144/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IV/2022, dengan batas waktu akreditasi sampai 12 April 2027.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta? Catat 5 Pengeluaran Ini

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga terakreditasi unggul lewat SK bernomor 899/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/X/2021, dimana kadaluwarsanya berakhir tahun ini, yakni 20 Desember 2023.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com