Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Alfatea, Lulus Summa Cumlaude IPK 3,97 dari Kedokteran UB

Kompas.com - 15/07/2023, 21:24 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulus mendapat gelar Summa Cumlaude dari Jurusan Kedokteran, bukan hal yang mudah.

Tetapi untuk mendapatkan gelar tersebut, juga bisa didapatkan asal tahu caranya. Seperti kisah mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Alfatea Pintari Rahmi.

Baca juga: Ketahui Syarat Lulus Kuliah Predikat Cum Laude, Terbagi 3 Jenis

Alfatea berhasil meraih IPK 3,96 yang diwisuda dengan gelar Summa Cumlaude, Sabtu (15/7/2023).

Bagaimana cara Alfatea bisa raih IPK 3,96?

Ia mengatakan, selain terus belajar, ia suka mengembangkan diri. Alfatea mengaku senang mengikuti organisasi dan berbagai perlombaan.

Alfatea tercatat menjuarai berbagai lomba, di antaranya 3rd Best Oral Presentation Award Brawijaya Medical Conference 2023.

Baca juga: Kisah Mukti, Usia 25 Tahun Lulus S3 Cumlaude dengan IPK 4

Lalu Juara 1 Poster Edukasi Kesehatan Ramadhan Forsis RSSA 2023, Juara 3 Poster Publik METRIC CIMSA UI 2022, serta menjadi finalis pada Olimpiade World Lupus Day Indonesia 2023, dan berbagai perlombaan lainnya.

Ia juga berkesempatan menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) sebagai staf ahli bidang Penalaran Akademik dan Keilmuan, serta menjadi tentor study club di FK.

“Dengan mengikuti organisasi dan perlombaan, saya bertemu banyak teman satu perjuangan yang penuh semangat dan guru-guru yang hebat. Saya belajar banyak tentang menang kalah dan berhasil gagal, serta mendapat berbagai kesempatan untuk menggali potensi dan meningkatkan kepercayaan diri,” ungkap mahasiswi asli Pangkalpinang ini.

Setelah dinyatakan lulus, Alfatea akan melanjutkan pendidikan profesi dokter di RSSA. Ke depannya, ia bercita-cita menjadi dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Baca juga: Persiapan Kuliah Apa Saja? Calon Mahasiswa Harus Paham 5 Hal Ini

“Saya tertarik dengan ilmu obgynsos atau fertilitas dan endokrinologi reproduksi, karena kebutuhan dokter obgyn di Indonesia masih salah satu yang terbesar dan saya juga berencana ingin kembali ke daerah,” pungkas Alfatea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com