Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar Unair Bahas 4 Cara Bisnis Digital Marketing

Kompas.com - 21/07/2023, 12:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Dunia digital membawa perubahan luar biasa di segala bidang. Tentu ada sisi positif dan negatif yang bisa diambil.

Meski demikian, banyak orang yang memanfaatkan kecanggihan digital untuk berbagai kegiatan. Salah satunya bisa membantu dapat penghasilan.

Contohnya ialah bisnis digital. Kini ada banyak orang yang menjadi pengusaha dengan bisnis digital atau melalui media online.

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) gelar webinar kewirausahaan, Sabtu (15/7/2023).

Baca juga: Kisah Alumnus UMM, Pernah Jadi Driver Ojol Kini Buka Bisnis Udang

Untuk narasumbernya ialah Yassar Rizky Putra Utomo (Mahasiswa S1 Antropologi selaku founder butuhpulsa.id dan Digiteev.com).

Menurut Yassar, digital marketing merupakan strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung.

"Perlu kita semua tahu bahwa saat ini berdasarkan data APJII pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta pada periode 2022–2023," ujarnya, dikutip dari laman Unair.

Semakin besar jumlah pengguna internet, maka jangkauan pemasaran jadi semakin luas. Inilah kelebihan digital marketing.

"Jika jangkauan sudah luas, artinya ini berpotensi menghasilkan penjualan dengan skala yang lebih besar pula," tutur dia.

Dalam digital marketing, seorang pebisnis bisa melakukan dengan analisa terlebih dahulu. Misal harus menemukan pasar pada sebuah produk. Dengan begitu kita bisa mendapatkan peluang baik.

Baca juga: UNU Yogya Gelar Kompetisi Bisnis Mahasiswa, Lahirkan Wirausaha Muda Andal

Tentunya, bagi pebisnis bisa menjadi sebuah produk tanpa harus mengeluarkan modal materi yang besar.

Selanjutnya momentum terbaik untuk bisa menjangkau produk pasar seluas-luasnya dengan cara yang mencari peluang di setiap keadaan.

Cara bisnis digital marketing

1. Hal pertama ialah dimulai dengan niat dan merencanakan produk bisnis dengan membuat mindset yang tepat.

2. Bisa tahu dan sadar dalam bisnis pasti ada cobaan dan kendala, maka tanggapi hal tersebut dengan wajar.

3. Sabar dan berusaha, yakin pada diri kita bahwa berusaha tidak akan mengkhianati hasil yang bakal didapat.

4. Komitmen dan konsisten penting dalam bisnis. Hal ini menjadi kita setia pada pilihan yang sudah ditentukan. Selain itu lakukan kolaborasi dengan ahli.

"Kebanyakan orang di luar sana sibuk bikin konten menarik, meningkatkan kualitas produk, menambah follower sosmed tapi lupa make money," jelas Yassar.

Baca juga: Lulusan SMK Ini Punya Bisnis Mentereng, Raup Omzet Ratusan Juta

Hal tak kalah penting ialah menjadi wirausaha tidak harus sesuai dengan jurusan kuliah, tetapi semua jurusan bisa. Tentu dengan syarat ada kemauan tinggi dan semangat belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com