Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNU Yogya Gelar Kompetisi Bisnis Mahasiswa, Lahirkan Wirausaha Muda Andal

Kompas.com - 16/06/2023, 15:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta menggelar kompetisi bisnis untuk mahasiswa, Economics Moment of Competition (Emotion) Bussiness Plan Competition 2023.

Pada acara puncak berupa pitching dari dewan juri untuk memilih tiga juara juga diisi dengan seminar ‘Startup Clinic Emotion Bussiness Plan Competition’, di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Rabu (14/6/2023).

Wakil Rektor Senior UNU Yogyakarta Abdul Ghoffar berharap dari ajang ini dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda andal dengan berbagai produk yang bukan hanya bernilai ekonomi, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Emotion diharapkan akan melahirkan entrepreneur yang kaya akan ide dan imajinasi, mengasah kreativitasnya, hingga menjadi entrepreneur besar ke depan untuk menyambut Indonesia Emas 2045. Mungkin dari sini ada yang akan jadi menteri bahkan presiden," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: UNU Yogyakarta Buka 100 Beasiswa Yatim Piatu, Kuliah Gratis 4 Tahun

Sementara Dekan FE UNU Yogyakarta Dyah Retno Wulandaru menyatakan bahwa ajang ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat, kemampuan wirausaha, dan mengembangkan potensi di kalangan mahasiswa.

"Melalui kompetisi ini, mahasiswa akan mudah untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi rencana bisnisnya," ujar Dyah.

Melalui rekaman video, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga memberi selamat kepada seluruh finalis dan terselenggaranya Emotion 2023.

"Semoga Emotion menjadi langkah awal untuk menggapai sukses dan keberhasilan dalam menumbuhkan perekonomian bangsa. Semoga ajang ini mencetak pelaku ekonomi kreatif dan industri melalui calon-calon wirausaha muda," terangnya.

Usai melalui proses seleksi 2 bulan, peserta Emotion Bussiness Plan Competition 2023 diseleksi menjadi 25 tim dan dipilih lagi 10 finalis.

Selain itu peserta juga menerima mentoring dan pelatihan bisnis dari 10 pengusaha dan inovator Tanah Air.

Dari 10 finalis tersebut, tim dewan juri yamg terdiri dari Ir. Suhada, MBA., selaku CEO Maliya Syahid, Nur Hidayah Rasyid dari Doktor Finance, dan Fajar Sidik selaku COO Bano memutuskan para pemenang Emotion 2023.

Dari 10 finalis, dewan juri kemudian menetapkan juara, yakni:

1. Juara 1: tim Moku Ferment House dari IPB

2. Juara 2: Gamaeka UGM

3. Juara 3: Renforcement Unpad

4. Juara harapan 1: tim Mangkus dari President University

Baca juga: 6 Prospek Kerja Manajemen Rekayasa, Info Calon Mahasiswa

5. Juara harapan 2: tim Cecilion dari UNU Yogyakarta

6. Juara harapan 3: tim Sample dari Politeknik Negeri Malang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com