Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMK Ini Punya Bisnis Mentereng, Raup Omzet Ratusan Juta

Kompas.com - 06/05/2023, 08:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu lulusan SMK ini, Muhammad Azka Farhan kini bisa meraup omzet ratusan juta rupiah setiap bulan berkat bisnis yang dijalankannya.

Ternyata, bisnisnya itu dijalankannya sejak dia masih duduk di bangku SMKN 9 Bandung. Meski sudah lulus SMK dan kini masih berusia 18 tahun, tapi bisnis Azka cukup mentereng.

Saat sekolah dulu, ia sudah merintis usaha minuman kesehatan sari lemon, OneD Lemon. Tak tanggung-tanggung bisnisnya ini sudah meraup omzet hingga ratusan juta setiap bulannya.

Tentu, ini karena kurikulum pendidikan di SMK diarahkan pada pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PBL).

Baca juga: Dosen Vokasi IPB Inovasi Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Dengan cara inilah para siswa diharapkan tidak hanya lebih siap untuk bekerja, tetapi juga berwirausaha. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak anak-anak SMK yang sudah mahir berwirausaha sejak SMK.

"Untuk omzet per bulan tahun ini sedang menurun dibanding tahun lalu, yaitu sekitar Rp 80-100 juta per bulannya," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (5/5/2023).

Kini, selain OneD Lemon, Azka juga mengembangkan produk lain seperti OneD Garlic Juice dan Oned extra olive oil.

Konsep PBL beri dampak luar biasa

Menurutnya, model pembelajaran di SMK yang lebih banyak praktik dan lebih pada konsep PBL memang telah memberikan dampak yang luar biasa pada dirinya.

Terutama dalam pembentukan mental dan karakter kewirausahaan yang akhirnya memantapkan niat Azka untuk membangun usaha secara mandiri.

Pembelajaran yang lebih banyak praktik dan PBL juga membuatnya lebih kreatif dalam melihat peluang-peluang bisnis yang ada di sekitarnya.

"Kita jadi lebih kreatif menemukan ide-ide untuk menyelesaikan permasalahan. Apalagi saat praktik kerja lapangan (PKL), wawasan serta mental kita diasah. Kita bisa saling bertukar pikiran satu sama lain dan itu yang melatih mental saya dan sangat membantu saat menekuni kewirausahaan ini," terang dia.

Baca juga: Seperti Ini Ciri-ciri Uang Asli, Info Ditjen Vokasi

Dengan berbagai pengalaman baik di sekolah saat mengerjakan proyek-proyek sekolah maupun PKL membuat Azka semakin terasah.

Oleh karena itu, meskipun di usia yang masih sangat belia, Azka mampu fokus pada usaha dan selalu berpikir jika masa muda harus dihabiskan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Ternyata, ide usaha minuman kesehatan ini sebenarnya dimulai dari kebiasaan keluarga yang rutin meminum perasan lemon. Keluarga Azka kerap membeli lemon di pasar lalu memeras sendiri untuk dikonsumsi keluarga.

Selain itu, di sekolah juga mata pelajaran kewirausahaan yang membuat Azka akhirnya terpikir untuk menjadikan kebiasaan keluarga tersebut menjadi bisnis. Apalagi saat itu, pandemi Covid-19 juga sedang cukup tinggi sehingga banyak orang mengonsumsi vitamin C.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com