Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis yang Banyak Dicari di Indonesia

Kompas.com - 11/02/2023, 19:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Manajemen Bisnis adalah jurusan kuliah yang mendorong mahasiswanya agar bisa mempersiapkan dan mengelola jalannya suatu bisnis.

Calon mahasiswa yang tertarik pada bidang bisnis bisa memilih jurusan ini di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Kebanyakan lulusan manajemen bisnis bekerja di bidang business development, marketing, sumber daya manusia (SDM), perbankan hingga hubungan industrial.

Melansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Sabtu (11/2/2023) ada beberapa prospek kerja Jurusan Manajemen Bisnis yang banyak dicari di Indonesia.

Jika kamu berencana memilih Jurusan Manajemen Bisnis, perhatikan informasi mengenai prospek kerja Jurusan Manajemen Bisnis yang banyak dicari di Indonesia.

Baca juga: Cek Daftar Prodi dan Biaya Kuliah di Universitas Pamulang

Prospek kerja Jurusan Manajemen Bisnis

1. Business Development

Prospek kerja yang pertama dari Jurusan Manajemen Bisnis adalah Business Development. Profesi ini menjadi salah satu prospek kerja Jurusan Manajemen Bisnis yang paling banyak dicari oleh pencari kerja maupun perusahaan.

Seseorang yang bekerja di bidang business development bertanggung jawab untuk menciptakan strategi agar pelanggan, pasar, dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang.

2. Entrepreneur

Prospek kerja lainnya dari Jurusan Manajemen Bisnis adalah menjadi seorang entrepreneur. Menjadi seorang entrepreneur kini menjadi salah satu bidang pekerjaan yang diminati anak muda.

Pasalnya saat ini juga banyak tokoh entrepreneur Indonesia yang sukses dan berasal dari kalangan anak muda. Hal ini tentu menginspirasi banyak anak muda agar bisa terampil menjalani wirausaha dan bisa mencetak kesuksesan yang sama.

Mahasiswa Manajemen Bisnis dibekali ilmu tentang manajemen, bisnis, marketing, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan entrepreneurship. Sehingga lulusan Manajemen Bisnis, bisa langsung menerapkannya dalam kegiatan bisnisnya.

3. Marketing Executive

Prospek kerja lulusan Manajemen Bisnis adalah menjadi seorang marketing executive. Profesi ini bisa disebut sebagai induk dari semua kegiatan marketing perusahaan.

Profesi marketing executive berfokus untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang dijalankan. Kegiatan atau strategi itu dijalankan oleh bagian marketing lainnya, seperti content marketing, digital marketing, dan sosial media marketing.

Baca juga: Intip Peluang Kerja Ilmu Perpustakaan dan Daya Tampung SBMPTN 2021

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com