Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat UMKM, Dosen FPPsi UNJ Gelar Pelatihan E-commerce di Desa Pasirtanjung Bogor

Kompas.com - 07/07/2023, 14:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim dosen Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk pelatihan e-commerce bagi pelaku UMKM Desa Pasirtanjung, Bogor.

Pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari pada 26 Juni 2023, di Kantor Desa Pasirtanjung sebagai upaya mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kegiatan ini dikoordinasi dua dosen FPPsi UNJ, yaitu Liza Yudhita dan Novitasari R. Damanik.

Melalui rilis resmi (7/7/2023), kedua dosen tersebut menjelaskan, Desa Pasirtanjung yang terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor memiliki potensi besar dalam bidang UMKM.

Namun, para pelaku UMKM di daerah ini menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka secara online.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada upaya kita dalam membantu memberdayakan teman-teman UMKM di Desa Pasirtanjung agar lebih berdikari secara ekonomi, sekaligus dapat meningkatkan taraf penghidupan masyarakat di desa," ungkap Liza.

Kegiatan PkM berfokus pada tiga aspek penting dalam e-commerce, yaitu pembuatan dan pengelolaan akun market place, penyiapan produk melalui foto/video, dan copy writing iklan produk.

Para peserta pelatihan terdiri dari 20 pelaku UMKM aktif di sektor kerajinan tangan.

 

Wakil Dekan Bidang Akademik FPPsi UNJ, Gumgum Gumelar dalam sambutan menyampaikan, pelatihan ini adalah bentuk kontribusi nyata FPPsi UNJ kepada masyarakat sekaligus menjembatani hasil-hasil penelitian di kampus dan aplikasinya di masyarakat.

"Dalam pelatihan ini, dosen-dosen FPPsi UNJ memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran online," ungkap Gumgum Gumelar.

Baca juga: Amartha Berkolaborasi dengan Kemenkominfo Latih UMKM Melek Digital

Strategi pemasaran daring yang dimaksud Gumgum meliputi cara mengelola akun market place dengan efektif, mengunggah foto produk yang menarik, meningkatkan citra merek produk, serta proses copy writing iklan. 

Ia menambahkan, peserta juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana mengidentifikasi target pasar potensial, memahami perilaku konsumen online, serta teknik promosi dan branding yang efektif.

Selama pelatihan, para peserta aktif terlibat dalam sesi praktik langsung dan berbagai studi kasus dengan menggunakan contoh langsung dari usaha mereka dan diberikan panduan praktis dan umpan balik dari fasilitator yang berpengalaman dalam bidang e-commerce.

"Dengan menggabungkan pengetahuan akademik dan pengalaman praktis, dosen-dosen di FPPsi UNJ berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam memajukan sektor UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif," jelasnya.

Melalui kegiatan ini,  Gumgum Gumelar juga berharap para dosen UNJ dapat terus mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui kegiatan pengabdian masyarakat seperti pelatihan e-commerce.

Dalam kesempatan sama, Kepala Desa Pasirtanjung Abdul Haris Maswan berharap kegiatan ini menjadi langkah berkelanjutan yang membawa dampak positif dan memperkuat potensi UMKM di Desa Pasirtanjung dan sekitarnya.

"Kegiatan PkM dosen FPPsi UNJ ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian mereka dalam E-Commerce dan dapat memperluas jangkauan pasar mereka, meningkatkan penjualan, dan memperkuat daya saing mereka dalam era digitalisasi," ujar Abdul Haris Maswan.

Baca juga: Tips Berjualan di TikTok Shop bagi UMKM

Danengsih, salah satu peserta pelatihan yang juga pelaku UMKM di Desa Pasirtanjung mengatakan, dirinya dan masyarakat lain sangat antusias dan bersemangat untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam mengembangkan bisnis melalui platform digital.

“Pelatihan ini membantu kami untuk memperluas jangkauan pasar produk ke seluruh Indonesia dan tentunya berpotensi meningkatkan omzet penjualan," tutup Danengsih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com